Cegah Penyebaran Corona, Penumpang Kereta Api di Sumatera Wajib Gunakan Masker

Cegah Penyebaran Corona, Penumpang Kereta Api di Sumatera Wajib Gunakan Masker
PERISTIWA | 10 April 2020 08:03 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pencegahan penyebaran virus Corona terus dilakukan berbagai pihak, salah satunya PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional I Sumatera Utara (KAI Divre I Sumut). Seluruh penumpang kereta api di Sumut wajib gunakan masker.

Vice President PT KAI Divre I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat mengatakan, peraturan itu mulai berlaku pada 12 April 2020. Tidak terkecuali, seluruh penumpang diwajibkan memakai masker saat berada di stasiun dan di dalam gerbong kereta api.

"Aturan ini sejalan dengan rekomendasi WHO dan Pemerintah yang mengharuskan masyarakat menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah," katanya, Kamis (9/4).

Dia menjelaskan, sebelum peraturan itu dijalankan, pihaknya mulai melakukan sosialisasi sejak Rabu, 8 April 2020. Sosialisasi berupa pengumuman di stasiun, di dalam gerbong kereta, media sosial, dan berbagai media lainnya yang bertujuan mencegah penyebaran virus Corona.

"Sosialisasi akan dilakukan sampai 11 April 2020. Terhitung 12 April 2020 diberlakukan," ujarnya.

1 dari 1 halaman

Daniel menegaskan, apabila ada calon penumpang atau penumpang yang kedapatan tidak menggunakan masker, maka tidak diizinkan naik kereta api. Bahkan tiket akan dikembalikan penuh di luar bea pemesanan.

"Kita akan bersikap tegas, demi kebaikan bersama," terangnya.

Selain peraturan penggunaan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19, para penumpang juga diimbau menjaga jarak, baik saat di stasiun ataupun di atas kereta. Penumpang juga dianjurkan sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir atau hand sanitizer.

"Tunda perjalanan yang kurang penting dan tidak mendesak. Kami harap penumpang dapat mematuhi aturan tersebut agar dapat mencegah penyebaran Covid-19," tutupnya.

Reporter: Reza Efendi
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Pemkab Sangihe Gunakan Balai Latihan Kerja untuk Produksi Masker
Kasus Covid-19 Tambah 337, Masyarakat Diingatkan Disiplin Jaga Jarak dan Pakai Masker
Imbauan Pakai Masker di Tengah Pandemi Covid-19
Kreativitas Ibu-ibu PKK di Gunung Putri Bikin Masker Gratis untuk Warga
Warga Jakarta Beraktivitas Tanpa Masker di Tengah Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami