Cegah Penyebaran Corona, Wapres Ma'ruf Imbau Warga Tidak Mudik

Cegah Penyebaran Corona, Wapres Ma'ruf Imbau Warga Tidak Mudik
PERISTIWA | 26 Maret 2020 16:29 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengimbau masyarakat tidak mudik di tengah pandemi virus Covid-19. Wapres meminta pemerintah daerah mengawasi warganya yang sudah terlanjur pulang kampung.

"Sarannya tetap jangan mudik, sebab itu lebih baik. Saya imbau untuk enggak mudik, yang sudah terlanjur saya minta pemerintah untuk mengawasi itu, jangan sampai si pemudik menyebarkan Corona ke daerah. Haruslah tegas, pemda harus tegaslah," kata Ma'ruf saat teleconference, Kamis (26/3).

Ma'ruf mencontohkan daerah Jawa Tengah yang melakukan pengawasan ketat bagi si pemudik. Ma'ruf ingin daerah lain melakukan hal serupa dan perlu dilakukan pemeriksaan kepada pemudik yang telah tiba di daerah tujuan masing-masing apakah bebas corona atau tidak. Masyarakat yang telah terlanjur mudik pun perlu melakukan rapid tes.

"Kalau yang mereka sudah kembali ke tempatnya masing-masing, mudik masing-masing itu juga supaya kembali ditelusuri. Apakah mereka sudah bebas Corona atau tidak untuk menghindari," ucapnya.

"Daerah-daerah memang ini ada kerjaan tambahan. Pemda-pemda ini juga punya tugas baru, meneliti mereka yang mudik jangan sampai membawa virus wabah Corona ke daerah masing-masing," sambungnya.

Ma'ruf kembali menegaskan agar masyarakat tidak pulang kampung. Dia mengatakan, silaturahmi tetap bisa dilakukan tanpa bertatap muka.

"Mudik itu yang penting gimana silaturahmi, tetapi ada bahaya yang mungkin terjadi baik di jalan, maupun di kerumunan-kerumunan ketika berada di kampung halaman dan ada resiko penularan dari COVID-19. Sedangkan silaturahmi bisa melalui online, WA misalnya, bisa komunikasi untuk menyampaikan lebaran," pungkasnya. (mdk/ray)

Baca juga:
Pasien Positif Corona di Kota Bekasi Bertambah Jadi 19 Orang
Sandiaga Minta Pemerintah Beri Bantuan ke Rakyat Sebelum Lockdown Parsial
Cegah Corona, Pasar Jatinegara Dipasang Ruang Disinfektan
Kisah Pilu Tenaga Medis RSUD Banten Diusir Pemilik Kos Karena Rawat Pasien Corona
Pasar Jatinegara Sepi Akibat Corona

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami