Cegah Varian Omicron, Wapres Ma'ruf Amin Minta Pengetatan Pintu Masuk

Cegah Varian Omicron, Wapres Ma'ruf Amin Minta Pengetatan Pintu Masuk
Wapres Maruf Amin. ©2021 Merdeka.com/Genan Kasah
NEWS | 3 Desember 2021 19:48 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin meminta seluruh aparat keamanan dan imigrasi memperketat jalur masuk di berbagai pintu masuk ke wilayah Indonesia, baik jalur udara, darat, maupun laut. Tujuannya untuk mencegah masuknya varian baru SARS-CoV-2 jenis B.1.1.529 atau Omicron.

Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi mengatakan, instruksi tersebut selalu disampaikan Ma’ruf di setiap rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

"Wapres selalu mengingatkan untuk menjaga dari setiap pintu masuk ke wilayah Indonesia, apakah itu pintu udara, pintu laut. Itu yang harus dijaga ketat, dan itu sudah disanggupi, baik oleh BIN (Badan Intelijen Negara) maupun Polri dan pihak imigrasi," katanya di Istana Wapres Jakarta, Jumat (3/12).

Ma’ruf juga mengingatkan seluruh jajarannya untuk berhati-hati dalam menerapkan pembatasan berkaitan dengan upaya Pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional akibat pandemi Covid-19.

"Wapres juga memperingatkan tingkat kehati-hatian yang tinggi karena 'kan ini antara mengerem dan mengegas dalam konteks kebangkitan ekonominya. Kalau terlalu ngegas untuk kebangkitan ekonominya, lalu dalam soal menjaga protokol kesehatan, maka itu nanti kita bisa jebol seperti negara-negara lain," ujarnya seperti dilansir dari Antara.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo meminta mitigasi terhadap varian Omicron harus dilakukan sedini mungkin di berbagai daerah sehingga tidak mengganggu program pemulihan ekonomi nasional.

Presiden juga telah memerintahkan seluruh kepolisian daerah (polda) di daerah perbatasan untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiagaan dalam mengantisipasi masuknya varian virus Omicron ke wilayah Indonesia.

"Hati-hati, tadi pagi saya sudah dapat kabar (Omicron) sudah sampai ke Singapura. Utamanya, polda-polda yang berkaitan dengan perbatasan dengan negara-negara lain karena yang membawa bisa orang asing, bule-bule, juga dari warga negara kita sendiri, utamanya tenaga kerja kita yang dari luar waktu masuk kembali, pulang kampung," kata Presiden di Bali, Jumat.

Virus varian Omicron telah terdeteksi di 29 negara. Apabila varian tersebut masuk ke Indonesia, penularannya bisa lima kali lebih cepat daripada varian Delta.

"Hati-hati karena efeknya bisa ke mana-mana; ke (sektor) ekonomi, seperti yang tadi saya sampaikan. Jadi, protokol kesehatan terus disampaikan kepada masyarakat karena pandemi ini berefek, dan sudah terjadi di beberapa negara, ke ekonomi, jatuh, bisa berimbas kepada politik, hati-hati!" kata Presiden. (mdk/fik)

Baca juga:
Cegah Omicron, Begini Prosedur Pengetatan di Bandara Soekarno-Hatta
Varian Omicron Kian Dekat, Kemenkes Minta Warga Batasi Mobilitas dan Segera Vaksin
Cegah Omicron Masuk ke RI, Jokowi Minta TNI-Polri Gencar Lakukan Vaksinasi
Malaysia Deteksi Kasus Pertama Covid-19 Varian Omicron
Omicron Masuk ke Singapura, Jokowi Minta Polda di Perbatasan Perketat Pengawasan
Masa Karantina 10 Hari Imbas Varian Omicron, ini Daftar Harga Isolasi di Hotel

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami