Pemkot Solo Antisipasi Virus Alpha Corona pada Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Pemkot Solo Antisipasi Virus Alpha Corona pada Hewan Kurban Jelang Idul Adha
PERISTIWA | 29 Juni 2020 16:56 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo meningkatkan pengawasan terhadap hewan kurban. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi penularan virus alpha corona pada hewan yang dijual untuk kurban.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kota Solo, Evi Nur Wulandari mengatakan bahwa hewan juga rawan terkena virus alpha corona. Untuk itu pihaknya mengingatkan masyarakat agar waspada saat membeli hewan kurban.

"Virus corona pada manusia berbeda dengan hewan. Corona pada hewan, jenisnya alpha corona yang menyebabkan hewan sakit diare dan flu, kalau manusia jenisnya Covid-19. Kami perlu mengantisipasi virus alpha corona pada hewan mengingat Idul Adha banyak penjual hewan kurban musiman di Solo," ujar Evi, Senin (29/6).

Untuk mengantisipasi kerawanan tersebut, pihaknya berencana mengadakan tes swab pada hewan kurban, baik sapi maupun kambing. Namun demikian, pihaknya harus berkonsultasi dengan dokter hewan untuk melakukan tes swab tersebut.

"Kami perlu konsultasi pada dokter spesialis hewan untuk mengetahui apakah virus alpha corona bisa menular pada manusia atau tidak," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Untuk mengawasi kesehatan hewan kurban...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami