Cegah Virus Corona Masuk, Bandara Ngurah Rai Pasang Alat Deteksi Suhu Tubuh

PERISTIWA | 22 Januari 2020 16:15 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Untuk mencegah virus corona dari Wuhan, China ke Pulau Bali, dua alat pemindai suhu tubuh atau thermoscanner telah dipasang di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kepala Bidang Upaya Kesehatan Lintas Wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar, Putu Alit Sudarma menyampaikan, dua alat itu sudah dipasang di kedatangan internasional di Gate 16 dan 17 Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Ia juga menerangkan, bahwa sejatinya alat dipasang sepanjang tahun. Tetapi sejak 4 Januari 2020, lebih diintensifkan setelah adanya virus corona.

"Untuk cara kerjanya, dia memindai suhu orang yang lewat, suhunya di atas 38 derajat itu terdeteksi dan kita melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kita isolasi dan langsung dibawa ke RSUP Sanglah," kata Sudarma, saat dihubungi Rabu (22/1).

1 dari 1 halaman

Sudarma juga menyampaikan, bahwa untuk alat itu awalnya hanya difokuskan untuk para penumpang dari kota Wuhan, China. Tetapi, saat ini sudah difokuskan ke seluruh penumpang dari China karena sudah merebak.

"Karena sudah menyebar kita mulai ke daratan China kita tingkatkan pengawasan. Untuk tim dokternya standby 24 jam dan kita melakukan pemeriksaan lebih lanjut kalau (nanti) ada kecurigaan ke arah itu," ujar Sudarma. (mdk/rnd)

Baca juga:
Virus Corona China Sudah Sampai Amerika, Bisa Bermutasi dan Menyebar Luas
Pemerintah Teliti Dampak Penyebaran Virus Corona ke Ekonomi Indonesia
Antisipasi Virus Mirip SARS, Malaysia Pasang Pemindai Suhu di Bandara
China Kalang Kabut Karena Wabah Virus Corona Meningkat Jelang Tahun Baru Imlek
Corona Virus Penyebab Pneumonia bisa Menyebar dari Manusia ke Manusia
Waspadai Virus dari China, Sejumlah Negara Asia Perketat Pemeriksaan di Bandara

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.