Cerita Helmi Hasan Undang Dubes Iran untuk Promosi Batik & Investasi di Kota Bengkulu

Cerita Helmi Hasan Undang Dubes Iran untuk Promosi Batik & Investasi di Kota Bengkulu
Helmi Hasan Undang Dubes Iran untuk Promosi Batik & Investasi di Kota Bengkulu. ©2020 Merdeka.com
NEWS | 13 September 2020 20:14 Reporter : Roymond

Merdeka.com - November 2017 lalu Wali Kota Helmi Hasan menyambangi Kedutaan Besar Iran di Jakarta. Helmi Hasan datang untuk mengundang Duta Besar Iran Valiollah Mohammadi untuk menghadiri pagelaran karnaval batik internasional yang diadakan di Kota Bengkulu.

Helmi menyampaikan langsung Kepada Valiollah Mohammadi untuk hadir dalam acara karnaval. "Kami mengundang secara langsung bapak duta besar dan jajaran serta pihak swasta Iran untuk datang ke Bengkulu pada acara Karnaval Batik Basurek," ujar Helmi saat berada di Kedubes Iran, November 2017 lalu.

Menurutnya, Iran dan Bengkulu memiliki hubungan historis yang harmonis. Bahkan banyak akulturasi budaya Iran di Bengkulu yang saat ini masih hidup. "Hubungan yang baik ini harus terus dijaga," ungkapnya.

Kemudian, Wali Kota Bengkulu dua periode tersebut juga menawarkan beberapa potensi investasi di Kota Bengkulu. Hal ini karena Bengkulu kaya akan pariwisata yang dapat dikembangkan dalam investasi perhotelan atau yang lainnya termasuk kebudayaan seperti batik.

"Kami mengundang duta besar dan rombongan agar dapat secara langsung melihat potensi yang ada di Bengkulu. Harapannya investor swasta Iran dapat mengembangkan sektor perhotelan dan pariwisata yang ada di daerah kami," ungkapnya.

helmi hasan undang dubes iran untuk promosi batik amp investasi di kota bengkulu
©2020 Merdeka.com

Sementara itu, Dubes Iran Valiollah Mohammadi mengapresiasi undangan dari Pemerintah Kota Bengkulu ini. Dia berjanji akan mengusahakan untuk hadir di tanah kelahiran Fatmawati pada Desember mendatang. "Insya Allah, kami akan hadir bersama rombongan dan pihak investor Iran," ujarnya.

Valiollah bahkan juga menawarkan kerja sama pendidikan dan penyediaan kebutuhan pangan untuk pemerintah daerah ini. Sebab, Iran merupakan negara menempati posisi 15 dunia terkait penelitian dan informasi teknologi. "Bahkan untuk bidang penelitian tertentu sudah masuk 5 besar dunia. Dan sudah banyak melakukan kerjasama dengan universitas-universitas lain di belahan dunia," jelasnya.

Dia juga mengundang Wali kota Helmi Hasan untuk datang berkunjung ke Iran. Dia berharap Helmi dapat melihat langsung kemajuan yang terjadi di negara teokratis tersebut. "Kami mengundang agar Walikota Bengkulu juga bisa hadir melihat beberapa potensi yang bisa dikerjasamakan nantinya," pungkasnya.

(mdk/hhw)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami