Cerita Menko PMK Muhadjir Pantau Penyaluran Bansos di Banten

Cerita Menko PMK Muhadjir Pantau Penyaluran Bansos di Banten
PERISTIWA | 11 Mei 2020 21:15 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, memantau langsung penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) di wilayah Kelurahan Babakan dan Buaran Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten Senin (11/05).

Dalam kunjungannya, Muhadjir Effendy, memuji kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, dalam hal pendistribusian Bansos secara cepat dan tepat.

Hal ini kata Muhadjir, terlihat dari sinergitas antar pemerintah daerah dengan pekerja sosial masyarakat yang mampu memanfaatkan Aplikasi Sigacor untuk proses verifikasi data penerima Bansos.

"Pemkot Tangerang telah memiliki aplikasi yang berguna mengidentifikasi penerima yang layak menerima Bansos, sehingga dari segi pengiriman dan penerimanya sudah sangat baik. Hal ini dapat menjadi contoh untuk kota/kabupaten lain agar pendistribusian bantuan dapat tepat sasaran dan cepat dilakukan," kata Muhadjir di Kelurahan Babakan, senin (11/5/2020).

Adapun bantuan yang disalurkan hari ini, diberikan dalam bentuk sembako, yang berisi beras, minyak sayur dan mie instan. Secara berkala, bantuan akan disalurkan kepada penerima setiap dua minggu sekali selama tiga bulan ke depan, tergantung hasil evaluasi.

"Tugas saya sebagai Menko adalah untuk memantau dan memastikan pendistribusian, dari berbagai skema telah berjalan dengan baik. Secara berkala prosesnya akan dievaluasi, sehingga jangan kaget jika ada perubahan di pertengahan penyaluran bantuan karena semua disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi di lapangan," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah dalam kesempatan yang sama, mengatakan, sebanyak 75.911 bantuan diberikan untuk warga terdampak Covid-19 di Kota Tangerang. Selanjutnya, proses pendistribusian bantuan akan dibantu oleh pihak Kantor Pos Tangerang.

"Tahap pertama pendistribusian bantuan dari Presiden baru disalurkan di dua kelurahan, yaitu Babakan dan Buaran Indah dan menyusul untuk lainnya. Diharapkan dalam waktu satu minggu, seluruh bantuan selesai disalurkan kepada yang berhak menerima," ujarnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Pemprov Jabar Pastikan Kualitas Bantuan Pangan Terjaga
Pemkot Tarakan Salurkan Bansos Tunai Kepada 4.629 KK
Minta Polemik Bansos DKI Dihentikan, Nasdem Sebut 'Malu Sama Rakyat'
Mahfud MD Ungkap Pemicu Polemik Bansos DKI: Data Penerima Tak Pernah Diserahkan
Bawaslu Temukan 3.900 Karung Beras Bansos Covid-19 Bergambar Bupati Jember
Pesan Mensos Soal BTS ke Warga: Jangan Dibelikan Rokok, Itu Untuk Keluarga

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami