Cerita Miris 2 Lansia di Karawang, Tinggal di Kandang Kambing dan Sering Kelaparan

PERISTIWA | 6 September 2019 10:18 Reporter : Bram Salam

Merdeka.com - Sungguh miris kehidupan dua wanita lanjut usia (lansia) di Kawarang.Mereka adalah Mak Uka (80) dan Mak Icih (70).

Dua nenek asal Kampung Krajaan Pawanda RT 0/04, Desa Medang Asem, Jayakerta, Karawang terpaksa hidup di kandang kambing.

Di kandang berbahan bambu itu, kakak beradik sudah tinggal selama puluhan tahun. Saat malam datang, Mak Icih dan Mak Uka kedinginan dan hidup gelap, minim penerangan.

"Kalau tidur bareng sama kambing dan malam hari tidak ada penerangan hanya cahaya lampu minyak, "kata Mak Uka saat bercerita kepada merdeka.com, Jumat (6/9).

©2019 Merdeka.com/Bram Salam

Selama ini, Mak Icih dan Mak Uka dibantu warga untuk makan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sesekali, tetangga menawarkan pekerjaan dengan upah seikhlasnya.

Namun tetangga tidak memaksa mengerjakan pekerjaan berat. Tahu Mak Icih dan Mak Uka sudah uzur.

"Sesekali suka ada dari pekerjaan membantu tetangga. Tapi ya namanya juga nenek-nenek, kerjanya semampunya. Buruhnya juga seikhlasnya, selebihnya untuk makan sehari-hari mengandalkan pemberian dari yang merasa kasihan saja," sambung Mak Uka.

Warga, Ayu Retna Rassani (24) bercerita tidak ada bantuan apapun dari pemerintah kepada kedua lansia tersebut. "Saya sempat datang ke lokasi, informasi dari dua janda lansia tidak pernah dapat bantuan," kata Ayu.

©2019 Merdeka.com/Bram Salam

Keduanya sempat bercerita kepada Ayu. Mereka sering kelaparan karena tidak ada bahan makanan yang bisa dimasak untuk sekedar mengganjal perut. "Tidak jarang keduanya kelaparan karena tak ada uang, " ungkap Ayu.

Ayu dan tetangga lain berharap ada kepedulian dari dermawan dan pemerintah setempat agar kedua lansia tersebut bisa tinggal ditempat yang lebih layak.

"Berharap ada bantuan untuk keduanya supaya bisa bertahan hidup," harap Ayu. (mdk/ray)

Baca juga:
25 Tahun Huni Gubuk Reyot, Mak Aroh & Anak Cucu Dapat Hibah Tanah dari Babinsa
Doa JK untuk Guru Honorer Nining yang Berharap PNS: Pasti Terpilih Pada Waktunya
Bupati Pandeglang Salahkan Camat Ada Guru Honorer Tidur di Sebelah Toilet Sekolah
Tolak Mempekerjakan Anak, Pemkot Depok Imbau ASN Tak Gunakan Jasa Ojek Payung
Nestapa Nining, Guru Honorer Gaji Rp 350.000/Bulan Tidur di Samping Toilet Sekolah

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.