Cerita Pemkot Bengkulu Bedah 229 Unit Rumah Masyarakat Miskin

Cerita Pemkot Bengkulu Bedah 229 Unit Rumah Masyarakat Miskin
PERISTIWA | 18 September 2020 10:04 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu pada tahu 2018 yang lalu melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman menyalurkan bantuan berupa stimulan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) kepada masyarakat Kota Bengkulu. Saat itu ada 229 unit rumah se-Kota Bengkulu yang akan dibedah rumahnya oleh Pemkot Bengkulu.

Diserahkan langsung oleh Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan kepada penerima bantuan sosial peningkatan kualitas RTLH ini merupakan realisasi proposal yang disampaikan Pemkot Bengkulu ke kementerian. Bantuan yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu tersebut diharapkan dapat membantu mengatasi kemiskinan di Kota Bengkulu.

"Bantuan stimulan ini jangan sampai disalahgunakan untuk yang lain," ungkap Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan, di hadapan seluruh warga yang ada di Kelurahan Rawa Makmur, Kota Bengkulu, Senin (19/11) lalu.

wali kota bengkulu helmi hasan saat bedah rumah warga

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan Saat Bedah Rumah Warga ©2020 Merdeka.com

Dia mengajak seluruh masyarakat penerima manfaat RTLH harus tetap selalu bersyukur atas bantuan tersebut. Ini merupakan realisasi proposal yang disampaikan ke kementerian agar bisa mengatasi kemiskinan masyarakat Kota Bengkulu.

"Pemkot Bengkulu tidak bisa bekerja sendiri dalam pembangunan," kata dia.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan untuk percepatan pembangunan, pemerintah akan melakukan pinjaman kepada PT SMI. Hal ini merupakan instruksi dari Presiden RI.

"SMI itu milik Indonesia, milik rakyat Indonesia. Presiden selalu mengimbau Kepala Daerah untuk melakukan pinjaman ke PT SMI," ungkapnya.

wali kota bengkulu helmi hasan saat bedah rumah warga

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan Saat Bedah Rumah Warga ©2020 Merdeka.com

Sebelumnya, Kepala Dinas Perkim Yusman menyampaikan pada 2017, Wali Kota Helmi Hasan sudah usulkan RTLH ke kementerian. Untuk RTLH dikucurkan melalui DAK sebesar Rp 85 juta. "Tahun depan RTLH kita salurkan 500 unit," sampainya.

Selama kepemimpinannya Helmi Hasan berharap sudah tidak ada lagi RTLH. "Dengan demikian tidak ada lagi kemiskinan di Kota Bengkulu," ucapnya.

Sementara itu, Chandra Kusuma, mewakili warga yang mendapatkan bantuan mengatakan bantuan ini sangat bermanfaat. Karena kemampuan ekonomi di wilayah ini bisa dibilang terbatas.

"Kami sebagian besar di DAS (Daerah Aliran Sungai) yang bekerja sebagai buruh kasar, jadi kondisinya sangat memperhatikan," kata Ketua RW 01 ini.

Ke depan, dia juga harap ada program pembangunan jalan dan drainase di daerah tersebut. Sebab, Jalan Tanggul dan drainase yang ada di sana sudah sangat tidak layak.

"Besar harapan kami dengan hadirnya bapak Wali Kota di sini, bapak dapat membantu memperbaiki lingkungan kami," ungkapnya. (mdk/hhw)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami