Cerita persahabatan JK dan Quraish Shihab

Cerita persahabatan JK dan Quraish Shihab
Jusuf Kalla berkunjung ke merdeka.com. ©2013 Merdeka.com/imam buhori
NEWS | 4 Agustus 2013 15:32 Reporter : Muhammad Sholeh

Merdeka.com - Persahabatan Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan penulis dan pengisi acara Tafsir Al Misbah di Metro TV, Prof Dr Quraish Shihab ternyata dimulai sejak keduanya masih remaja.

"Waktu kecil kami sudah bersahabat di Makassar, anak saya juga berteman dengan anak beliau, bahkan sekarang cucu cucu kami juga. Waktu saya menikah, ayahnya Pak Quraish yang memberikan nasihat pernikahan, waktu anak saya menikah saya pun minta Pak Quraish sendiri yang kasih nasehat perkawinan," cerita JK saat bertemu dengan Quraish Shihab di Mesjid Al Barkah, Jeruk Purut Jakarta Selatan, tak jauh dari kediaman Quraish.

Kunjungan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Minggu (4/8) ke mesjid Al Barkah ini dalam rangka mengecek program DMI perbaikan akustik mesjid, dengan target 100 ribu mesjid di seluruh Indonesia.

JK didampingi antara lain Mantan Menkominfo Sofyan Djalil, Pengurus PMI Rahmat Gobel dan Egy Massadiah. "Sekitar 70 persen masjid di Indonesia sound system dan akustiknya kurang bagus, mendengung dan nyaris tak terdengar," kata JK.

Menurutnya khatib yang ceramah dengan sound system yang buruk akan membuat orang stres dan mengantuk. "Khatib nya pun bisa stres karena apa yang disampaikan tidak sampai ke telinga hadirin dengan jelas," katanya.

JK menambahkan, salah satu penyebab mengapa kualitas suara dan akustik buruk, karena banyak nya penggunaan unsur marmer, granit dan kaca pada bagian interior masjid. Ini mengakibatkan suara terpantul dan menggema, selain juga posisi pemasangan pengeras suara yang tidak tepat.

Untuk itu DMI sudah menyiapkan ratusan orang ahli tata suara yang akan turun menata akustik dan sound system masjid masjid. (mdk/war)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami