Cerita Relawan Tiga Hari Menangkap Buaya 2 Meter di Rawa Dekat Permukiman Warga

Cerita Relawan Tiga Hari Menangkap Buaya 2 Meter di Rawa Dekat Permukiman Warga
Relawan di Samarinda Tangkap Buaya 2 Meter. ©2022 Merdeka.com
NEWS | 7 Mei 2022 01:04 Reporter : Saud Rosadi

Merdeka.com - Relawan gabungan di Samarinda, Kalimantan Timur, berhasil menangkap buaya betina dengan panjang 2 meter di area rawa dekat ruas tol Samarinda-Balikpapan, Kamis (5/5) malam. Relawan berjibaku di dalam lumpur.

Rafi (21), salah seorang relawan Samarinda Animal Rescue bercerita, keberadaan buaya itu diperoleh relawan sejak Selasa (3/5). Rafi memperoleh foto dan video.

"Kami terima informasi waktu hari lebaran kedua jam 11 siang," kata Rafi, mengawali perbincangan bersama merdeka.com, Jumat (6/5).

Berbekal peralatan penangkapan dan evakuasi buaya, tim mengatur strategi dan menyisir lokasi rawa. Mereka menyisir rawa selama tiga hari. Sejak Selasa hingga Kamis (5/5).

"Sambil bawa jaring, kita coba beri umpan bebek belum disambar (buaya). Kita gunakan lagi cara baru, bersihkan semak dan daun enceng gondok di rawa itu lalu gunakan setrum, tidak ada respons dari buaya itu," ujar Rafi.

relawan di samarinda tangkap buaya 2 meter

2 dari 2 halaman

Cara lainnya memancing respons buaya adalah dengan menerjunkan perahu untuk menyisir. Namun tidak juga mendapat respons.

"Juga digunakan alat berat untuk menjebol bagian rawa sebagai jalan membuang air dalam kolam rawa itu. Begitu air surut, kita terjun lagi," tambah Rafi.

Tim akhirnya memutuskan penyisiran dengan menceburkan diri di kubangan lumpur. Akhirnya berbuah hasil. Terlihat pergerakan satwa melata itu, tim relawan gabungan lantas gerak cepat melakukan penangkapan.

"Kita gunakan jaring dan tali supaya buaya itu tidak kabur. Akhirnya sekitar jam 8.30 malam berhasil ditangkap dan dibawa ke posko VI Disdamkar Samarinda di Palaran," terang Rafi.

Satwa melata itu memiliki panjang 2 meter dan berjenis kelamin betina. Kabarnya, buaya itu sudah ada sejak 2019. Meski tidak semua warga mempercayainya. Meski berada di dekat permukiman, namun sejauh ini belum ada warga melaporkan ternaknya dimangsa buaya itu.

"Jadi waktu hari lebaran kedua itu, begitu ada foto dan video buaya itu baru banyak warga percaya. Sementara ini kita pantau lagi. Kalau masih ada buaya lain, kita langsung bergerak lagi turunkan tim," jelas Rafi.

Buaya itu telah diserahkan ke BKSDA Kalimantan Timur siang ini untuk penanganan lebih lanjut. (mdk/noe)

Baca juga:
Warga Satu RT Tangkap Buaya yang Tersesat dan Masuk ke Dalam Rumah
11 Buaya dari 21 Ekor yang Lepas di Banyuasin sudah Ditangkap
21 Buaya Lepas Akibat Banjir di Banyuasin, BKSDA Kerahkan Pawang
Gawat! 82 Ekor Buaya Muara Lepas dari Penangkaran di Banyuasin
Geliat Wisata Buaya di Sungai Tarcoles
Banjir Dua Meter di Kutai Timur, Warga Khawatirkan Buaya Berkeliaran

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami