Cerita Salat Jumat Pertama di Masjid Balai Kota Depok Setelah Tutup 97 Hari

Cerita Salat Jumat Pertama di Masjid Balai Kota Depok Setelah Tutup 97 Hari
PERISTIWA | 5 Juni 2020 15:34 Reporter : Nur Fauziah

Merdeka.com - Untuk pertama kalinya Masjid Balai Kota Depok yang dibuka kembali setelah pandemi. Masjid itu sebelumnya ditutup selama 97 hari. Otomatis tidak ada kegiatan ibadah dalam masjid selama pandemi kemarin.

Siang tadi, satu per satu jemaah berdatangan. Mereka harus menjalani standar baru yang diberlakukan pengelola masjid. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan hingga menjaga jarak antar jemaah.

Pengurus masjid telah memberikan tanda tertentu di tempat yang bisa ditempati jemaah untuk salat. Jarak antar jemaah antara satu meter. Jemaah pun merasa senang akhirnya bisa kembali melakukan ibadah salat jumat berjamaah.

"Setelah sekian lama akhirnya kita bisa salat jumat berjamaah lagi hari ini, Alhamdulillah bersyukur banget hari ini," kata Humaidi, salah satu jemaah, Jumat (5/6).

Diakui dia ada hal yang berbeda pada pelaksanaan salat tadi. Karena seluruh jemaah harus di cek suhu badan.

"Sebelumnya kan ngga pernah. Kalau tadi harus cek suhu badan sebelum masuk masjid," tambahnya.

Sebelum salat dimulai juga pengelola masjid memberikan imbauan pada jemaah. "Sebelum pelaksanaan salat jumat juga ada imbauan tadi untuk tetap melaksanakan protokol Covid-19," paparnya.

Dia menuturkan, imam salat juga mempercepat waktu salat. Imam hanya membaca surat pendek saja. "Waktu salatnya dipercepat dan bacaannya juga surat surat pendek, setelah selesai juga langsung diimbau keluar dengan tertib," pungkasnya. (mdk/ded)

Baca juga:
Anies Bersyukur Ibadah Salat Jumat Bisa Kembali Dilaksanakan Setelah 3 Bulan
JK: Alhamdulillah Setelah Tak Jumpa Salat Jumat Hampir 3 Bulan
Bisa Kembali Salat Jumat di Masjid, Armand Maulana Menangis 'Rindu Banget'
Masjid Cut Mutia Kembali Gelar Salat Jumat di Masa Transisi
Kembali Gelar Salat Jumat, Jemaah Masjid KH Hasyim Asy'ari Membludak

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami