Cerita Tentang Jusuf Kalla dari Dalam Mobil RI 2

PERISTIWA | 20 Oktober 2019 10:53 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Mobil berpelat nomor RI 2 atau Indonesia 2, menyimpan banyak cerita mengenai sosok dan kepribadian Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Mobil antipeluru ini juga menjadi saksi bisu saat JK menjalankan tugasnya selama lima tahun ini sebagai orang nomor dua di Indonesia. Hari ini, tugas mobil RI 2 mendampingi JK telah usai. Kenangan JK dengan mobilnya ini takkan lekang oleh waktu.

Hal ini pula yang dirasakan Juru Bicara Wapres JK, Husain Abdullah. Selama lima tahun, Husain mendampingi JK bertugas di atas mobil kepresidenan RI 2. Dia berbagi cerita tentang Jusuf Kalla dari dalam mobil RI 2.

"Dengan mobil RI 2 ini saya banyak kenangan, sebab beruntung saya diantara sedikit orang yang biasa mendampingi Pak JK melaju di atas mobil anti peluru ini. Kacanya berat, tebal, selain anti peluru juga anti macet," kata Husain melalui keterangan tertulisnya, Minggu (20/10).

Di dalam mobil RI 2, JK selalu menyelesaikan tugas-tugasnya sebelum sampai di rumah. Menurut Husain, JK pantang pulang sebelum menuntaskan pekerjaannya.

"Karena itu urusan bangsa yang masih tersisa, dibereskan dari jok belakang RI 2," ungkapnya.

Jubir JK itu juga mengungkapkan, mobil ini penuh berkah. Dari cabinnya banyak masalah bangsa terselesaikan. Mulai dari koordinasi penanggulangan bencana alam hingga berbagai kegiatan infrastruktur. Bahkan sampai melayani wawancara media agar publik selalu terupdate perkembangan jalannya pemerintahan.

Bakan hanya menjadi tempat kerja, mobil RI 2 ini juga menjadi tempat bagi JK untuk merehatkan badan dan pikirannya. Di dalam mobil itu, JK menikmati beragam hiburan melalui gawainya. Mulai dari mengutak-atik Youtube, menikmati aneka hiburan, lagu, ceramah dan rekaman stand up comedy.

"Dulu Pak JK sering dengar lagi Siti Nurhaliza pernah juga Elvie Sukaesih. Seiring berjalannya waktu, kemunculan artis muda yang viral lewat sosmed rupanya menarik perhatian Pak JK juga. Fildan yang populer lewat ajang pencarian bakat dangdut Indosiar menjadi salah satu favorit Pak JK," papar Husain.

Sering pula JK mendengarkan lagu Nissa Sabyan sambil bersiul atau menepuk-nepuk tangannya. Menurut Husain kerap terdengar nada suara JK yang tak seirama dengan lagi. Sadar suaranya fals, JK cuek saja. Yang penting hatinya senang., pikiran tenang dan terhibur.

Pantang Mengaspal di Jalur Busway

Mobil RI 2 yang ditumpangi JK pantang mengaspal di jalur Busway. Menurutnya, ini karena keteguhan prinsip JK untuk tidak mengambil hak dari penumpang Busway.

Dia berkisah. Suatu kali saat melawati Jalan Sudirman-Thamrin di bulan Ramadan, kondisi jalanan macet karena menjelang buka puasa. Sementara saat itu JK harus menghadiri acara buka bersama di Gedung JCC. Komandan Paspampres Grup B, Kolonel Deny Muis menyarankan pada JK untuk menggunakan jalur busway agar tiba sesuai jadwal. Tapi JK menolak.

"Kata Pak JK tidak usah, tidak boleh kita ganggu jalur Busway apa kata orang. Pakai jalur biasa saja. Sabar, kata Pak JK," ungkap Husain.

Husain duduk di sebelah JK. Dia membujuk Wakil Presiden agar mengizinkan dan bersedia melewati jalur Busway. Dia pun memutar otak agar JK mau menggunakan jalur tersebut. Tentunya tidak dengan alasan agar mereka dapat tiba tepat waktu.

"Pak tabe (maaf), mungkin lebih baik kita lewat jalur Busway, sebab kalau tidak maka rangkaian iring-iringan mobil RI 2 akan menghambat pengendaraan yang lain dan makin menambah kemacetan sementara mereka juga bergegas pulang mengejar waktu buka puasa," kata Husain kepada JK.

Alasan ini ternyata ampuh. Hati JK luluh. Dia segera mengambil keputusan.

"Ya sudah kamu permisi sama petugasnya juga. Koordinasi sedikit sebelum lewat, kata Pak JK. Dan hanya sekali itulah rasanya mobil RI 2 "menerobos" jalur busway, sekalipun sebenarnya dimungkinkan untuk itu," kata Husain menirukan JK kala itu.

Reporter: Yopi Makdori
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Santap Siang Bersama, JK dan Wapres China Berbincang Sejarah & Perkembangan Islam
Moeldoko Beberkan Keberhasilan Jokowi Bangun Papua dan Papua Barat
Momen Indah Perpisahan Jokowi dengan Menteri Kabinet Kerja
Ucapkan Selamat Purnatugas, Mahfud dkk Harap JK Tetap Berkontribusi untuk Bangsa
Saat Jokowi dan JK 'Berkokok' Di Perpisahan Menteri Kabinet Kerja
VIDEO: Sosok Jokowi di Mata Jusuf Kalla

(mdk/noe)