Cerita Warga di Tangsel Digigit King Kobra Sembuh Disuntikkan 'SABU'

Cerita Warga di Tangsel Digigit King Kobra Sembuh Disuntikkan 'SABU'
Pria digigit kobra sembuh seusai disuntik sabu. ©2021 Merdeka.com/Kirom
PERISTIWA | 2 April 2021 23:34 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Coba menangkap ular yang masuk ke dalam kamar rumahnya di Kampung Maruga, Jalan Tanah Merah, Kelurahan Serua, Tangerang Selatan, Faisal malah digigit ular dipergelangan tangannya.

Setelahnya, pria 40 tahun ini merasakan panas pada daging bagian lengan yang digigit. Selang beberapa waktu, dia merasakan kebas hingga siku lengannya.

"Awalnya saya anggap biasa. Karena ularnya juga kecil, sekira 15 cm. Tapi informasi dokter di RSU yang menangani saya itu king Kobra," kata Faisal ditemui, Jumat (2/4).

Setelah rasa tidak nyaman di tangan bekas gigitan ular itu, dia kemudian membeli obat penurun demam di warung dekat rumahnya. Tapi perasaan tak nyaman pada lengan sebelah kiri makin menjadi. Sampai pihak keluarga Faisal membawanya ke RSU Tangsel.

"Akhirnya jam 12.00 pas waktu Salat Jumat, saya dibawa ke RSU. Saya diambil darah, dan kata perawat yang berjaga, darah saya sudah membeku," terang Faisal.

Sambil menunggu dokter yang melaksanakan Salat Jumat, perawat rumah sakit yang merawatnya, menunjukkan buku berisi gambar-gambar ular berbisa.

Dia diminta perawat tersebut, menunjukkan ular mana yang ada dalam buku tersebut, yang menyerupai ular yang menggigit tangannya.

"Saya cari-cari dan saya tunjukkan. Kata dokter itu king Kobra, ular berbahaya dan saya langsung disuntikan Serum Anti Bisa Ular (Sabu)," terangnya.

Faisal kemudian diminta dokter untuk menjalani perawatan di RSU Tangsel, karena merasa sudah lebih baik, paska disuntik berisi obat anti bisa ular dia meminta untuk diizinkan kembali ke rumah.

"Saya disuruh menginap. Tapi saya merasa sehabis disuntik jauh lebih baik. Saya minta pulang, dan dipesan kalau malam menggigil untuk kembali ke RSU," terang Faisal.

Dia menerangkan, bahwa kawasan tempat tinggalnya itu, banyak ular. Dalam setahun terakhir ini saja ada 3 ekor ular masuk ke rumahnya.

"Di kampung sini memang banyak ular. Di rumah saya saja sudah tiga kali, ular tanah dan dua kali sama dengan yang menggigit saya (kobra)," jelas dia.

Mulanya, ular yang masuk ke kamar rumahnya itu hendak ditangkap untuk dikeluarkan ke luar rumah. Tapi, bagian kepala ular lolos dari genggaman Faisal dan lantas mematuk pergelangan tangannya. (mdk/gil)

Baca juga:
Intip Ruang Hewan-Hewan Berbahaya di Indonesia, Mewah Dilapisi Baja
Ular Kobra 1,5 Meter Ditemukan di Kamar Rumah Warga Cipayung Jakarta Timur
Menegangkan, Momen Ular Kobra Masuk Kamar Kos saat Orang Tertidur Ini Bikin Deg-degan
Teror Ular Serang Warga di Sukoharjo, Ini Penyebab dan Cara Memberantasnya
CEK FAKTA: Hoaks Bawang Merah Mampu Atasi Gigitan Ular Berbisa
Sisir Rumah Kosong, BPBD Tangerang Temukan 3 Anakan Ular Kobra

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami