Cerita Wiranto Tentang BJ Habibie Saat Jadi Menteri Hingga Presiden RI ke-3

PERISTIWA | 11 September 2019 22:59 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menyambangi kediaman Baharudin Jusuf (BJ) Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII. Ia datang menggunakan baju berwarna hitam dengan motif batik berwarna cokelat.

Wiranto mengaku mempunyai banyak cerita dengan Habibie, terlebih disaat Wiranto menjadi ajudan Presiden Soeharto dan Habibie menjadi menteri dalam kabinet kerja Soeharto. Di mata Wiranto, Presiden RI ke-3 tersebut merupakan orang yang sangat optimis dan kreatif. Terlebih dalam bidang kemajuan teknologi.

"Waktu itu pak Harto sudah mencanangkan teknologi dari hilir, nah yang membawa tekno ke hulu teknologi maju itu diserahkan ke Pak Habibie dan beliau mampu artinya beliaulah sebenarnya perintis awal tekno Indonesia untuk maju," kata Wiranto saat menyambangi rumah Habibie, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Ia pun memberikan contoh bukti Habibie merupakan perintis awal tekno. Karena mampu memproduksi pesawat terbang ciptaannya sendiri.

"Terbukti apa? Dari mulai kita sangat terbelakang di bidang teknologi tapi di bawah Pak Habibi sampai kita bisa memproduksi pesawat terbang sendiri PT Nurtanio waktu itu. Sekarang artinya apa, artinya beliau pelopor teknologi indonesia itu pasti," jelasnya.

Selain menjadi perintis awal tekno Indonesia, ia juga merupakan orang demokrat sejati. Karena, Habibie dinilai berhasil keluar dari stigma orde baru dan masuk dalam suatu peralihan yang sangat sulit.

"Beliau bisa meyakinkan ke publik bahwa beliau sungguh-sungguh ingin membangun satu demokrasi baru di Indonesia. Terbukti apa, salah satunya adalah pidato pertanggungjawaban beliau di DPR tidak diterima, dia tidak ngotot jadi presiden," ungkapnya.

"Tapi beliau justru mundur dari pencalonan presiden yang sangat mungkin dia bisa menang. Tapi dia mundur karena apa, karena dia punya suatu konsistensi dalam membangun demokrasi. Sehingga beliau mundur diri, kemudian memberi kesempatan presiden selanjutnya, Presiden Abdurahman Wahid untuk memimpin negeri ini," sambungnya..

Sebelum Habibie Wafat, Wiranto mengaku sempat melakukan perbincangan tentang Indonesia. Saat itu, Habibie memberikan pandangan-pandangan yang positif sebagai negarawan sekaligus sebagai demokratis yang mempunyai pengalaman dalam berbagai macam bidang.

"Beliau memberikan suatu pandangan konstruktif bagaimana mempertahankan negeri ini. Pesan beliau yang saya masih ingat, rawatlah negeri ini, jagalah negeri ini, karena ini warisan yang sangat berharga bagi para pendahulu kita dan beliau konsisten tentang itu," ungkapnya.

"Di ICMI pun saya bersama-bersama beliau, saya sebagai salah satu dewan pembina ICMI. Beliau juga memberikan satu arahan-arahan bagaimana Islam di Indonesia tidak terpengaruh dengan ajaran-ajaran, aliran-aliran negatif yang mencederai Islam di Indonesia. Itu kelebihan beliau maka, sekarang arwah beliau segera menghadap yang kuasa, diampuni dosa-dosanya," tutupnya.

Baca juga:
Ma'ruf Amin Mengenang Sosok BJ Habibie
Mahfud MD: Habibie Berotak Jerman Berhati Mekkah
VIDEO: Doa Terbaik AHY untuk Almarhum BJ Habibie
BJ Habibie Wafat, Airlangga Minta Kader Golkar Kibarkan Bendera Setengah Tiang
VIDEO: Jenazah BJ Habibie Tiba di Rumah Duka Patra Kuningan
Prabowo Melayat ke Kediaman Almarhum BJ Habibie

(mdk/bal)