Cikini akan Berkonsep Seni Budaya, Pemprov Siapkan Media Warga Berkreativitas

PERISTIWA | 20 September 2019 14:30 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Penataan kawasan Cikini, Jakarta Pusat mengedepankan konsep seni dan budaya. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan ruang-ruang bagi warga Jakarta untuk mengekspresikan kreativitasnya seperti media mural.

Kepala Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan di sepanjang jalur di sekitar Taman Ismail Marzuki (TIM), akan disiapkan medium untuk mural. Tema mural pun bisa berganti setiap tahun.

"Nanti di sepanjang jalur TIM akan dibuat mural di sepanjang trotoar, supaya nanti setiap tahun gonta ganti. Jadi Pak Gubernur minta konten kreasi TIM nanti bisa berekspresi di trotoar itu," jelasnya di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (20/9).

Hari mengatakan medium atau ruang mural yang disiapkan sepanjang 100 meter. Selain mural, medium itu bisa dimanfaatkan untuk membuat lukisan dan karya seni lainnya.

"Istilahnya akan membuat mereka berekspresi di sana," ujarnya.

Tak hanya di sekitar TIM, Hari mengatakan pihaknya akan menyiapkan ruang ketiga di dekat Stasiun Cikini. Ruang ketiga ini akan berfungsi sebagai spot budaya.

"Kita butuh ruang ketiga untuk dari orang turun dari stasiun nanti ada semacam kaya spot budaya itu, itu akan menjadi ruang ketiga bagi mereka," jelasnya.

Hari mengatakan penataan kawasan Cikini ini terintegrasi dengan revitalisasi TIM. Selain itu juga akan diintegrasikan dengan moda transportasi publik di sekitarnya. Proyek penataan ini ditargetkan rampung Desember mendatang.

"Jadi mengintegrasikan stasiun antar moda, kan di sana ada Stasiun Cikini, (Stasiun) Gondangdia, kemudian ada BRT itu nanti bisa mengintegrasikan supaya nanti orang bisa lebih nyaman untuk jalan di sana," pungkasnya.

Baca juga:
Terobos Jalur Sepeda, Siap-siap Didenda Rp500 Ribu
Anies Bakal Bangun 63 Kilometer Jalur Sepeda, Diutamakan di Jalur Ganjil Genap
Mobil Listrik Konvoi dari GBK ke Monas Sambut Formula E, Catat Jalur Alternatif Ini
Selidiki Pabrik Aluminium di Cilincing, Polisi Gandeng Sudin Lingkungan Hidup
Pada Komunitas Sepeda, Anies Cerita Pembangunan Infrastruktur Selama Ini Terbalik

(mdk/ded)