Colek Pemerintah Pusat, Bupati Bogor Harap Banjir Bojongkulur Tak Terjadi di 2021

Colek Pemerintah Pusat, Bupati Bogor Harap Banjir Bojongkulur Tak Terjadi di 2021
PERISTIWA | 25 Oktober 2020 19:00 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Banjir kembali merendam Perumahan Villa Nusa Indah I, II dan Perumahan Bumi Mutiara, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunungputri, Kabupaten Bogor, Sabtu (24/10) malam.

Akibatnya, 1.100 orang harus mengungsi, sementara 22 Rukun Warga (RW) terdampak banjir yang terdiri dari 5.500 KK dengan jumlah 22 ribu jiwa.

19 Masjid dan musala ikut terendam air setinggi 170 centimeter. Banjir disebabkan meluapnya aliran air Sungai Cileungsi saat hujan lebat mengguyur Bogor. Air pun meluap sekitar pukul 22.30 dan menggenangi rumah-rumah warga.

Bupati Bogor, Ade Yasin mendatangi lokasi, Minggu (25/10). Ade mengaku bosan kawasan yang berbatasan dengan Kota Bekasi ini selalu menjadi langganan banjir saat musim penghujan datang.

"Saat ini warga mengungsi di Balai Desa, masjid yang tidak kena banjir hingga ke rumah-rumah kerabat. Ini harus ada penanganan yang komprehensif lah. Jangan seperti ini terus," kata Ade Yasin.

Dia menegaskan, telah membangun 19 unit pompa air. Lebih jauh, Ade berharap Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Kementerian PUPR segera ambil langkah untuk menyelesaikan persoalan ini.

"Terutama di Sungai Cikeas dan Cileungsi. Keduanya ada di Kabupaten Bogor, tapi warga Bekasi yang terdampak juga nantinya. Kami mau turun tangan juga tidak bisa karena beda kewenangannya," kata Ade.

Genangan air sendiri mulai surut pada pukul 05.00 WIB tadi. Ade berharap, banjir kali ini merupakan peristiwa terakhir. Karena mulai 2021 harus ada penanganan yang jelas dan terpadu, antara Pemkab Bogor, Pemkot Bekasi maupun BBWS.

"Kita sudah berusaha melakukan mitigasi. Kita juga mau bangun bendungan. Insya Allah 2021 mulai berjalan. Bulan depan kita mau sosialisasi karena akan ada sebagian tanah masyarakat terdampak pembangunan bendungan," katanya. (mdk/did)

Baca juga:
Siang Ini, 86 RT di Jakarta Masih Terendam Banjir
80 Warga Perumahan PGP Bekasi Mengungsi Akibat Banjir
Air di Bendungan Katulampa Naik, 75 RT di Jakarta Terendam Banjir
Sempat Terendam Air 2 Meter, Banjir di Jatirasa Bekasi Mulai Surut
BPBD Evakuasi Korban Banjir dari Sejumlah Perumahan di Bekasi

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami