Kasus Covid-19 dari Klaster Industri Bekasi Mulai Melandai

Kasus Covid-19 dari Klaster Industri Bekasi Mulai Melandai
PERISTIWA | 22 Oktober 2020 20:28 Reporter : Adi Nugroho

Merdeka.com - Pemerintah Kabupaten Bekasi menyebut kasus Covid 19 dari klaster industri sudah melandai. Rata-rata per hari, temuan kasus baru tidak lebih dari sepuluh.

"Sejak satu minggu terakhir melandai," kata Jubir Satgas Percepatan Penanganan Covid 19 Kabupaten Bekasi Alamsyah ketika dihubungi pada Kamis (22/10).

Kasus dari klater industri menjadi perhatian serius Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Sebab dari klaster ini, pertumbuhan kasus cukup tinggi dan menyumbang 62 persen dari seluruh kasus. Wilayah Kabupaten Bekasi sampai sekarang masih zona merah.

Alamsyah mengatakan, ada 62 perusahaan di Kabupaten Bekasi baik di kawasan maupun luar kawasan industri yang melaporkan temuan kasus Covid 19. Jumlahnya mencapai 2.300, 1.500 di antaranya merupakan penduduk Kabupaten Bekasi.

"Sekarang masih ada kasus, tapi sedikit. Rata-rata harian di bawah sepuluh," kata Alamsyah.

Meski demikian, kata dia, pemerintah terus melakukan tes masif menggunakan PCR. Rata-rata dalam sehari, ada 300 spesimen yang diambil dari masyarakat yang kontak erat dari kasus di perusahaan.

Dilansir dari situs resmi pemerintah, ada 201 kasus baru dalam dua hari terakhir. Sumbernya, menurut Alamsyah, dari kontak erat kasus di perusahaan dan tes masif di masyarakat yang pernah kontak erat dengan pasien di rumah sakit.

Adapun secara kumulatif kasus di Kabupaten Bekasi sudah mencapai 4.005, dengan angka kematian 51 pasien. Sementara itu, kasus aktif sekarang 214, sedangkan pasien sembuh sebanyak 3.730. (mdk/lia)

Baca juga:
Satgas Covid-19 Ungkap Penyebab Vaksin Covid-19 Tak Bisa Gratis Sepenuhnya
JK Sebut Penemu Vaksin dan Obat Covid-19 Layak Dapat Penghargaan Kemanusiaan
Khawatir Pilkada Jadi Klaster Covid-19, Bawaslu Kumpulkan Parpol dan Tokoh
Tuntutan Petugas Ambulans ke Anies: Pencairan BPJS hingga APD yang Layak
Satgas Beberkan Perkembangan Vaksin Covid-19
Seorang Pegawai Terpapar Covid-19, Satu Kantor di Balai Kota Solo WFH

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami