Covid-19 Meningkat, Seluruh Polisi di Garut Dikerahkan Awasi Protokol Kesehatan

Covid-19 Meningkat, Seluruh Polisi di Garut Dikerahkan Awasi Protokol Kesehatan
PERISTIWA | 16 September 2020 15:34 Reporter : Mochammad Iqbal

Merdeka.com - Seluruh anggota kepolisian di seluruh Kabupaten Garut diturunkan ke lapangan. Mereka bertugas untuk memeriksa penerapan protokol kesehatan (prokes) di Kabupaten Garut agar dipatuhi masyarakat.

Kapolres Garut, AKBP Dede Yudi Ferdiansyah mengatakan bahwa gerakan tersebut sebetulnya sudah dilakukan secara berkala sejak pandemi terjadi. Namun kali ini, pihaknya melakukan peningkatan pengawasan di seluruh Garut.

"Dari informasi yang kami terima, di Kabupaten Garut ini terjadi peningkatan kasus empat kali lipat. Melihat ini tentunya kita harus ikut berkontribusi menekan penyebaran wabah ini. Kita terjunkan seluruh anggota di wilayah hukum Polres Garut untuk memeriksa dan mengingatkan tentang penerapan protokol kesehatan, salah satunya penggunaan masker," kata Dede kepada wartawan, Rabu (16/9).

Polisi melakukan gerakan besar tersebut bersama TNI, Kejaksaan hingga Pemerintah Kabupaten Garut. Dia memastikan bahwa gerakan tersebut tidak hanya dilakukan di kawasan perkotaan saja, namun di seluruh kecamatan di Kabupaten Garut yang berjumlah 42.

"Kalau melihat sebaran pasien, ini kan memang muncul di beberapa kecamatan sehingga sudah harus bergerak semuanya untuk melawan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 ini,” sebutnya.

Selama beberapa hari melakukan kegiatan tersebut, dia mengakui memang masih banyak warga yang melakukan pelanggaran disiplin protokol kesehatan. Pelanggaran disiplin tersebut terjadi di beberapa wilayah, baik kawasan perkotaan, Garut Utara hingga selatan.

Menyikapi hal tersebut, beberapa pelanggar ada yang langsung diberikan tindakan, hingga hanya pencatatan, namun diberi masker oleh petugas. Namun tidak sedikit juga masyarakat yang sebetulnya membawa masker namun memilih tidak menggunakannya, baik saat berkendara atau beraktivitas lainnya.

“Masyarakat harus terus kita ingatkan terus, dan kita tidak akan lelah mengingatkan mereka. Mungkin masyarakat belum tahu bahwa saat ini di Garut penyebarannya sudah transmisi lokal . kalau sebelumnya, biasanya dari luar kota. Jadi sekarang semua harus waspada dan jangan mengabaikan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Baca Selanjutnya: Kasus Covid-19 di Garut Meningkat...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami