Curhat Mahfud, Gagal Jadi Menteri SBY Sampai Wapres Jokowi

PERISTIWA | 22 November 2019 06:17 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menko Polhukam Mahfud Md menyempatkan hadir dalam acara Syukuran pelantikan para menteri dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam, di kediaman senior tokoh KAHMI Akbar Tandjung, Kamis 21 November 2019 malam.

Dalam acara tersebut dia menyinggung soal dirinya tak jadi Wakil Presiden pilihan Joko Widodo atau Jokowi. Ini disampaikan sebagai contoh bahwa hidup itu bagaikan air yang mengalir.

"Saya misalnya, tidak jadi wakil presiden. Sudah banyak orang berharap, saya juga berharap karena sudah buat baju itu disuruh," kata Mahfud di lokasi.

Dia meyakini Jokowi tidak sedang mempermainkannya saat itu. Walaupun banyak pihak yang menuding jika mantan Gubernur DKI Jakarta itu tengah mempermainkannya.

"Yang dibangun pada waktu itu bahwa Pak Jokowi itu tidak mempermainkan saya. Saya ingin membangun keyakinan, bahwa Pak Jokowi itu sungguh-sungguh," cerita Mahfud.

Mantan Hakim MK itu pun menegaskan, tak marah. Salah satu buktinya adalah tetap mendukung Jokowi, sampai akhirnya mendapatkan tempat masuk ke kabinetnya.

"Saya ikut mendukung, meskipun tidak vulgar-vulgar amat. Sehingga pada akhirnya, saya akhirnya mengalir ke tempat yang namanya kabinet," tutur Mahfud.

1 dari 1 halaman

Gagal Jadi Menteri SBY

Dia pun sempat menyinggung, mengalami hal yang nyaris serupa. Kala itu ditawari menteri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Ketika saya menjadi anggota DPR waktu Pak SBY jadi Presiden, saya sudah dipanggil mau dijadikan menteri waktu itu, waktu periode pertama. Nanti Pak Mahfud ikut saya lagi, kalau saya menang. Dan memang betul, dan dipanggil 4 kali. Tapi enggak jadi," katanya.

Mahfud berseloroh, dengan jabatannya sekarang. Apakah akan mengalir lagi alias diganti cepat atau tidak. Diketahui, di era Jokowi jilid pertama, Menko Polhukam total sudah diganti sebanyak 3 kali.

"Saya tidak tahu apakah cekungan kabinet di lama atau mengalir lagi. Allah itu yang menentukan semuanya," pungkasnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Menko Polhukam Mahfud MD Nilai Reuni 212 Tak Perlu Pengamanan Khusus
Menko Mahfud Puji Langkah 3 Pimpinan Uji Materi UU KPK Hasil Revisi ke MK
Bertemu Jaksa Agung, Menko Polhukam Pastikan TP4 Dibubarkan
VIDEO: Bertemu Jaksa Agung, Mahfud MD Pastikan Pembubaran TP4
Bertemu Dubes Korsel, Mahfud Singgung Kerjasama Pengadaan Alutsista