Curhat Mendikbud Nadiem: Bagaimana Membuat Siswa Kreatif Kalau Sekolah Tak Inovatif

Curhat Mendikbud Nadiem: Bagaimana Membuat Siswa Kreatif Kalau Sekolah Tak Inovatif
PERISTIWA | 28 November 2020 22:17 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mencurahkan kekesalannya saat membahas inovasi dalam dunia pendidikan. Nadiem menyinggung pihak yang kerap nyinyir dengan terobosan yang dia lakukan dalam dunia pendidikan.

"Lucu banget, kita selalu kalau ngomong oh iya ini 4.0, teknologi 4.0 ini adalah masa depan kita adaptasi kita perlu anak-anak yang adaptable, creative, inovative nah kaya gitu. Tapi giliran kita coba hal-hal baru dalam dunia pendidikan, eh jangan pertaruhan sistem pendidikan kita. Ini adalah filsafat yang salah," tegas Nadiem dikutip dari sebuah video yang diunggah pada akun Instagram pribadinya, Sabtu (28/11).

"Ini filsafat yang jelas salah, mohon maaf nih saya sedikit emosional mengenai ini," lanjut Nadiem.

Dengan tegas Nadiem menantang pihak yang tak dia sebutkan itu untuk menjelaskan tentang bagaimana membuat anak-anak bisa inovatif tanpa diiringi dengan semangat kreativitas dari sekolah.

"Bagaimana kita bisa mengharap anak-anak kita inovatif dan kreatif kalau sekolah-sekolah kita tidak inovatif dan kreatif, jelaskan pada saya itu how? Gimana caranya, sorry agak curhat," ujar Nadiem kembali.

Mantan Bos Gojek Indonesia itu merasa lucu melihat sejumlah pihak yang menganggap seakan dunia pendidikan merupakan sektor yang haram untuk mengambil risiko.

"Ini lucu, kita kaya selalu seolah-oleh pendidikan itu adalah satu sektor yang kita enggak boleh mengambil risiko, tapi kita sudah melihat hasil skor PISA kita, kita sudah melihat seberapa kita ketinggalan dari skor itu. Jadi risikonya itu bukan ngambil risiko, risikonya itu untuk diam di tempat," ujarnya.

Dia menambahkan, dunia pendidikan Indonesia harus berubah dengan memunculkan inovasi.

"Kalau kita diam di tempat, sekarang kita itu celaka. Yakin saya garansi kalau kita tidak mengambil risiko, kalau kita mencoba hal-hal yang baru dalam inovasi dengan memperbolehkan kepala sekolah dan guru-guru kita melakukan percobaan eksperimentasi dan terus melakukan literasi kita akan menggagalkan generasi berikutnya," jelas Nadiem.

Menurutnya, saat ini langkah yang mesti ditempuh adalah untuk terus berinovasi, bukan justru stagnan. "Kita harus terus berinovasi dan eksperimentasi," pungkasnya.

Baca juga:
Berupaya Mengubah Nasib Guru Honorer
Mendikbud Jabarkan Kondisi Sekolah Saat Dimulai Belajar Tatap Muka
Di bawah Arahan Nadiem Makarim, Kemendikbud Sabet 5 Penghargaan Tahun Ini
Mendikbud Sebut Bantuan Subsidi Kuota Internet Meringankan Beban Ekonomi Orangtua
Mendikbud Diminta Pertimbangkan Lama Pengabdian Guru Honorer Dalam Seleksi PPPK
Mendikbud Sebut Kunci Pembukaan Sekolah Tatap Muka Ada di Orang Tua Siswa
Mendikbud: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K Tahun 2021

Baca Selanjutnya: Sejumlah kebijakan Kementerian Pendidikan dan...

Halaman

(mdk/bal)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami