Curi Uang Amal Wihara, Pelaku Gunakan Buat Bayar Utang dan Berfoya-foya

PERISTIWA | 9 Oktober 2019 08:33 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Kepolisian Sektor Metro Tanah Abang menangkap seorang pemuda berinisial RB (31) yang mencuri kotak amal di Wihara Hok Tek Ceng Sin, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Penangkapan dilakukan atas aduan petugas Wihara bernama Acip setelah melihat kotak amal atau biasa disebut dharma telah rusak dan isinya menghilang.

Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Lukman Cahyono mengatakan, RB diketahui bekerja sebagai juru parkir di sekitar Wihara Hok Tek Ceng Sin. Berdasarkan penyelidikan yang dilakukan oleh Polsek Metro Tanah Abang kerugian ditaksir mencapai Rp5.000.000 karena terjadi kerusakan pada properti Wihara akibat ulah RB itu.

"Pelaku juga bekerja dekat situ, jadi sudah tahu lokasinya seperti apa," katanya seperti dilansir dari Antara, Rabu (9/10).

Polisi mengamankan enam barang bukti. Satu di antaranya berupa brangkas kotak amal dikembalikan pada pihak Wihara.

Pelaku RB mengaku baru pertama kali melakukan aksi pencurian. Uang hasil mencuri tersebut, dia gunakan untuk bayar utang dan bersenang-senang.

"Saya sudah pakai Rp1 juta. Uangnya untuk makan, bayar utang, foya- foya sama teman," ujarnya saat ditanya petugas motif pencurian tersebut.

Atas pencurian yang dilakukan RB ia terancam hukuman pidana pasal 363 KUHP dengan kurungan penjara paling lama selama tujuh tahun. (mdk/fik)

Baca juga:
Polsek Aren Ringkus Pencuri Spesialis Preteli Aki Taksi Blue Bird
Mobil Operasional Lembaga Zakat di Bekasi Disikat Maling
Seorang Ibu Kandung di Aceh Utara Polisikan Anaknya
Polisi Tangkap Maling Celana Dalam Emak-Emak, Ngaku Cuma Buat Koleksi
Viral Uang Rp61 Juta Dicuri Saat Pengemudi Ganti Ban Mobil di Pasar Minggu
Pencuri Rp1,6 M Uang Pemprov Sumut Juga Pernah Beraksi di USU

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.