Daerah Terdampak Gempa Ulumanda Sulbar Kini Teraliri Listrik Kembali

Daerah Terdampak Gempa Ulumanda Sulbar Kini Teraliri Listrik Kembali
Petugas PLN melakukan pemulihan listrik di Kecamatan Ulumanda, Sulawesi Barat. ©ANTARA Foto/HO-PLN Sulselrabar
PERISTIWA | 27 Januari 2021 20:01 Reporter : Iqbal Fadil

Merdeka.com - PT PLN (Persero) berhasil mengaliri listrik kembali daerah Ulumanda, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat yang terisolasi sejak gempa bermagnitudo 6,2 mengguncang wilayah ini pada Jumat (15/1) dini hari lalu.

Sebanyak lima gardu dari 16 gardu terdampak di Ulumanda berhasil dipulihkan pada Rabu dini hari setelah para personel PLN berjuang menembus akses ke wilayah itu.

"Wilayah yang paling sulit ditembus memang Ulumanda, bukan karena kita tidak bisa memulihkan, tapi akses ke lokasi yang tertutup. Alhamdulillah ketika sebagian akses terbuka, kita langsung gerak cepat memulihkan," kata General Manager PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid melalui keterangannya di Makassar, Rabu (27/1) seperti dilansir Antara.

Berkat upaya tersebut, lima gardu yang berlokasi di Kampung Kabiraan, Kampung Tamarimbi, Kampung Tamalonang serta Kampung Aholeang kini telah menyala. Sebanyak 550 pelanggan di Kecamatan Ulumanda kini dapat menikmati listrik PLN kembali.

Menurut Awaluddin, untuk menyalakan listrik di Kecamatan Ulumanda, material kelistrikan harus diangkut menggunakan motor trail dan mobil. Di beberapa titik pun material harus dipanggul atau diangkat secara manual oleh petugas.

Sebanyak 73 personil PLN harus melewati akses jalan ekstrim dan rusak berupa tanah berlumpur serta rawan longsor akibat gempa.

Secara umum, kelistrikan Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat telah pulih sejak Rabu (20/1). Seluruh gardu terdampak gempa telah berhasil dinyalakan lima hari pasca diguncang gempa. Kecamatan Ulumanda menjadi satu-satunya wilayah yang sulit diakses oleh PLN, karena jalan yang terputus.

PLN kini terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memulihkan sisa 11 gardu terdampak gempa di Ulumanda.

"Sementara kami menunggu izin untuk mengakses lokasi, karena saat ini sedang dilakukan pengerjaan untuk membuka akses oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum. Infonya dua hari ke depan kita sudah bisa masuk ke lokasi," tambah Hafid.

Hafid menyadari, listrik memiliki peran penting dalam pemulihan masyarakat pasca bencana gempa. Dirinya pun memastikan petugas PLN terus bersiaga dan siap untuk segera memulihkan ketika sudah akses sudah bisa dilalui dan mendapatkan izin dari pemerintah daerah.

Untuk sementara, PLN telah mengirimkan genset ke lokasi dan 25 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) sebagai alternatif cahaya sementara bagi warga Ulumanda.

PLN berkomitmen untuk terus bersiaga demi memulihkan kelistrikan di Ulumanda. Hadirnya listrik diharapkan dapat membuat Mamuju dan Majene kembali bangkit. (mdk/bal)

Baca juga:
BNPB Kerahkan 4 Helikopter Distribusikan Logistik ke Desa Terpencil di Sulbar
BNPB: 92.075 Orang Masih Mengungsi Akibat Gempa Sulbar
Kader Muda Gerindra Diinstruksikan Bantu Korban Bencana
BNPB: Kerugian Gempa di Sulbar Mencapai Rp 829 Miliar
Korban Meninggal Akibat Gempa di Sulbar Mencapai 105 Orang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami