Daftar Jalan Menuju Monas-Patung Kuda yang Dialihkan Imbas Reuni 212

Daftar Jalan Menuju Monas-Patung Kuda yang Dialihkan Imbas Reuni 212
Rekayasa Lalu Lintas di Monas. Twitter @TMC Polda Metro Jaya
NEWS | 2 Desember 2021 07:27 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah

Merdeka.com - Petugas Polda Metro Jaya memasang barikade di sejumlah titik menuju kawasan Patung Kuda-Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat, guna mengantisipasi kerumunan massa aksi Reuni 212. Pemasangan barikade berupa kawat berduri dilakukan mulai Rabu (1/12) pukul 24.00 WIB hingga Kamis (2/12) dini hari.

Selain menggunakan kawat berduri, petugas juga menutup jalur protokol itu menggunakan pembatas jalan berwarna oranye. Tak hanya polisi, sejumlah anggota TNI dan Satpol PP DKI juga berpartisipasi memasang barikade.

Kemudian, petugas juga memasang papan bertuliskan "Pengalihan Arus Kawasan Terbatas". Petugas gabungan tersebut bersiaga di seluruh titik kawasan Monas dan Patung Kuda.

Sejumlah pengendara terlihat harus memutar kendaraan mencari jalur lain karena penutupan jalan tersebut.

Penutupan jalan di kawasan Monas dan Patung Kuda meliputi Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Veteran dan Jalan Museum. Petugas memberlakukan penutupan jalan mulai Rabu pukul 24.00 WIB hingga Kamis pukul 21.00 WIB.

2 dari 3 halaman

Rekayasa Lalu Lintas

Terkait penutupan itu, petugas melakukan rekayasa lalu lintas mulai dari arah Jalan Thamrin menuju Bundaran Patung Kuda dibelokkan ke kiri atau ke kanan menuju Jalan Kebon Sirih.

Kemudian, kendaraan dari arah Jalan Abdul Muis langsung lurus menuju Harmoni karena Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Museum tutup.

Kendaraan dari arah Tugu Tani menuju Jalan Merdeka Selatan dan Merdeka Utara dialihkan menuju Jalan Riswan Rais-Jalan Medan Merdeka Timur atau yang mengarah Gereja Katedral atau Masjid Istiqlal.

Sementara itu, jalur dari Harmoni dibelokkan ke Jalan Juanda dan dari arah barat yakni Tomang diluruskan atau belok ke kiri ke arah Kota Tua.

3 dari 3 halaman

Jalan Ditutup Sejak Rabu Malam

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, penutupan jalan berlaku mulai Rabu pukul 24.00 WIB hingga Kamis pukul 21.00 WIB. Area yang akan ditutup adalah area di seputar Patung Kuda dan Kawasan Monas.

"Jadi semua area tersebut dinyatakan sebagai kawasan terbatas atau 'restricted area'," kata Sambodo saat ditemui di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (1/12).

Dia menyebutkan jalur protokol yang ditutup meliputi Jalan Merdeka Selatan, Jalan Merdeka Utara, Jalan Merdeka Barat, Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Veteran dan Jalan Museum. Jalan tersebut menjadi area steril atau kendaraan tidak boleh melintas, kecuali kendaraan dinas yang berkantor di area steril.

"Kendaraan nanti kita lihat dulu, kalau tujuannya ke kantor, kita perbolehkan. Hanya yang memang berkantor di jalan itu," tutur dia.

Oleh karenanya, Polisi mengimbau seluruh masyarakat untuk menghindari area sekitar Bundaran Patung Kuda dan Monas sepanjang esok hari.

"Kami mengimbau seluruh masyarakat agar besok sepanjang tanggal 2 Desember, dari pagi sampai malam, menghindari kawasan tersebut. Karena dengan adanya penutupan yang kita lakukan, pasti akan terjadi kepadatan dan kemacetan," ujar Sambodo.

Baca juga:
Cegah Massa Aksi Reuni 212, Polres Tangsel Saring Kendaraan Menuju Jakarta
VIDEO: Polisi Pastikan Peserta Reuni 212 Ditersangkakan Bila Tetap Gelar Acara
Warga Kabupaten Bekasi Diimbau Ikut Reuni Alumni 212 Secara Virtual
PA 212 Tanggapi Larangan Reuni: Besok Itu Aksi Super Damai
Larang Reuni 212, Polda Metro Filterisasi Kendaraan di Pintu Masuk Jakarta
Yayasan Az-Zikra Tolak Reuni 212 Digelar di Masjidnya
Polisi Tutup Jalan Patung Kuda-Monas Mulai Rabu Malam Cegah Kerumunan Massa Reuni 212

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami