Daftar Penerima Mobil dari MeMiles, Cucu Soeharto, Pejabat Hingga Penyanyi Ello

PERISTIWA | 24 Januari 2020 06:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta

Merdeka.com - Polda Jawa Timur membongkar kejahatan investasi bodong melalui aplikasi bernama Memiles. Aset yang mereka pegang mencapai Rp760 miliar lebih, dengan rincian uang Rp124 miliar, 18 unit mobil, 2 unit sepeda motor, dan sejumlah barang berharga lainnya.

Lima orang tersangka ditangkap, yakni Kamal Tarachan atau Sanjay sebagai Direktur dan Pengelola MeMiles, Suhanda sebagai Manajer, Martini Luisa alias Dokter Eva sebagai motivator atau pencari member, Prima Hendika sebagai Kepala Tim IT MeMiles, W sebagai Pengadaan dan Distribusi Rewards.

Perusahaan investasi bodong ini baru saja dibuat sejak 8 bulan lalu dan sudah memiliki 264.000 member di berbagai wilayah.

Pihak kepolisian terus menelusuri aset-aset MeMiles lainnya, termasuk keterangan dari para member. Ada artis pejabat kemenkum HAM hingga cucu Soeharto. Bahkan mereka diketahui mendapat hadiah mobil mewah dari MeMiles setelah bergabung dengan perusahaan investasi tersebut.

Berikut daftar mereka yang sudah mengembalikan mobil:

1 dari 4 halaman

Marcello Tahitoe alias Ello

Sejumlah penyanyi diperiksa di Polda Jatim terkait investasi bodong MeMiles. Penyanyi Marcello Tahitoe alias Ello tiba di Mapolda Jatim, Selasa (14/1) sekitar pukul 10.00 WIB. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pemeriksaan Ello dilakukan terkait dengan kasus investasi ilegal MeMiles PT Kam and Kam. Ello diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi.

Elo mengaku menjadi member MeMiles. "Saya di sini sebagai saksi, saya member, saya melakukan top up juga. Saya dapat reward secara prosedurnya," ujar Ello, Selasa (14/1).

"Saya di sini selain dari pada korban, ya top up reward saya nggak jelas bagaimana hasilnya, tapi nama saya juga ya, tersebut lah, ya tergeret lah, masalah ini," tambahnya.

Ello mengaku, cukup terganggu dengan masalah ini. Dia pun mengembalikan reward atau hadiah mobil telah diberikan MeMiles pada polisi.

"Itu cukup mengganggu saya lah, gitu saja ya. Reward saya mobil. Sudah ada kok itu semua di YouTube, sorry ya saya harus jalan ngejar pesawat," ujarnya mengakhiri pernyataannya.

2 dari 4 halaman

Eka Deli

Seorang penyanyi bernama Eka Deli sudah diperiksa selama 11 jam pada Senin (13/1). Ia disebut sebagai koordinator artis dalam investasi MeMiles.

Usai menjalani pemeriksaan, Eka menegaskan jika dirinya diminta menjadi perantara untuk menghubungi artis di setiap acara yang ditunjuk dan dikasih tahu oleh MeMiles waktu itu.

Disinggung soal hadiah yang diberikan oleh MeMiles, Eka tak menampiknya. Ia mengakui jika memang ada masalah, maka ia pun tak segan untuk mengembalikannya.

"Saya sebagai warga negara yang baik, tahu itu ada masalah saya mengembalikan. Cuman (mobil) Fortuner yang dikasih, (emas) tidak ada," katanya.

Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan mengatakan, selain pemeriksaan terhadap Eka Deli, penyidik juga telah menerima penyerahan barang bukti berupa satu unit mobil Fortuner yang didapatnya dari investasi MeMiles ini. Mobil tersebut, telah diserahkan Eka Deli di Jakarta.

3 dari 4 halaman

Cucu Soeharto

Tak hanya penyanyi, salah satu sanak saudara Presiden RI ke-2 Soeharto juga tersangkut dalam investasi MeMiles. Ari Haryo Wibowo Harjojudanto alias Ari Haryo Sigit, cucu mantan Presiden Soeharto mengaku sebagai member dan menerima 2 hadiah mobil dari investasi tersebut.

"Iya member. Mobil sudah kita serahkan, ada dua," pungkasnya, Rabu (22/1).

Hal ini diungkapkan Ari usai menjalani pemeriksaan terkait dengan keterlibatannya di MeMiles. Ari menyatakan, kedatangannya ke Polda Jatim ini dalam rangka memberi kesaksian soal investasi MeMiles yang diikutinya.

Sementara itu, pengakuan Ari soal statusnya sebagai member bertolak belakang dengan pernyataan Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan yang menyebut ada aliran dana yang masuk ke keluarga Cendana tanpa perlu melakukan proses top up sebagaimana layaknya member investasi bodong MeMiles.

Kapolda mengatakan, AHS disebut bukan member dari MeMiles meski menerima aliran dana. Dan sang istri lah, Frederica Francisca Callebaut, yang menjadi member dari investasi bodong tersebut.

"Inilah yang kami tangani, berapa aliran dana yang diterima dan sebagai apa. Namun di dalam ini tidak ada sebagai member (Ari), tidak top up tapi ada aliran dana masuk. Kalau istrinya memang top up member. Demikian," katanya, Rabu (22/1).

4 dari 4 halaman

Pejabat Kemenkum HAM

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Riau, Maulidi Hilal diperiksa di Mapolda Riau. Dia masih berstatus saksi terkait investasi bodong beromzet ratusan miliar rupiah melalui aplikasi MeMiles itu. Pemeriksaan dilakukan Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur di gedung Ditreksrimsus Polda Riau, Kota Pekanbaru, Selasa (14/1).

Menurut Gideon, pemeriksaan itu merupakan rangkaian penyidikan Polda Jatim dalam perkara yang telah menyeret empat tersangka. Lalu dari hasil penyidikan polisi ternyata Maulidi merupakan salah satu peserta MeMiles.

"Dia pernah memberikan testimoni investasi bodong senilai Rp 750 miliar itu melalui media sosial YouTube," kata Perwira Menengah jebolan Akademi Kepolisian tahun 1996 ini.

Dari akun YouTube yang diunggah PrabaPar Family, Maulidi mengaku mendapat dua unit mobil mewah Fortuner dan Pajero setelah bergabung dengan MeMiles. Maulidi memberikan testimoni tersebut dengan mengenakan seragam dinasnya.

Gideon belum bersedia menjelaskan kemungkinan turut menyeret Maulidi sebagai tersangka dalam perkara itu. Sebab, Gideon masih fokus untuk mengembalikan aset sebanyak-banyaknya, termasuk menyita dua unit mobil milik Maulidi.

"Sesuai komitmen penyidikan, untuk mengembalikan aset sebanyaknya. Semua kita keep dan akan kembalikan dalam konteks penyidikan," imbuhnya. (mdk/dan)

Baca juga:
Polda Jatim Bidik Anggota MeMiles yang Sengaja Tidak Kembalikan Hadiah
Ari Sigit Diduga Jadi Konsultan dan Menerima Aliran Dana Rp 3 Miliar dari MeMiles
Polisi Periksa Bagian Keuangan Investasi Bodong MeMiles
Polisi Sita 2 Mobil Alphard Milik Keluarga Cendana, Begini Penampakannya
VIDEO: Akui Jadi Member MeMiles, Ari Sigit Terima 2 Alphard

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.