Dahlan Iskan Gelisah Lihat Calon Pemimpin Berkualitas Kalah dengan yang Populer

Dahlan Iskan Gelisah Lihat Calon Pemimpin Berkualitas Kalah dengan yang Populer
PERISTIWA | 15 Agustus 2020 17:55 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan menyampaikan keresahannya terkait calon pemimpin Indonesia ke depan. Dia menilai, saat ini pemimpin yang terpilih hanyalah yang paling populer di masyarakat, bukan yang berkualitas.

Padahal, menurutnya, poin paling penting yang harus ada di dalam seorang pemimpin adalah kemampuannya dalam memajukan negara ini. Sayangnya, bagi Dahlan, masyarakat cenderung melihat kepopulerannya saja.

"Saya belum melihat indikasi bahwa ada jaminan yang terpilih adalah yang berkualitas. Tetap saja yang terpilih adalah yang populer, yang disenangi (masyarakat). Padahal yang disenangi belum tentu berkualitas. Tentu yang belum populer bisa nangis," ujar Dahlan Iskan dalam webinar ‘Membangun Kepemimpinan Indonesia Maju di Tengah Krisis Global’ yang diselenggarakan oleh Partai Gelora, Sabtu (15/8).

Mantan menteri yang dipilih oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini terlihat pesimis terhadap partai-partai yang tidak populer di masyarakat. Dia bahkan melihat tidak akan ada harapan bagi tokoh-tokoh partai seperti partai Gelora dan PKS untuk bisa menjadi pemimpin Indonesia kedepannya.

Dia mengklaim bahwa orang-orang di balik partai Gelora merupakan orang-orang yang mampu dan berkualitas. Menurutnya, orang-orang berkualitas ini cenderung sulit populer karena dianggap terlalu serius.

"Partai-partai seperti Gelora dan PKS kan mengandalkan kualitas, berarti tidak ada harapan tokoh-tokoh dari partai tersebut untuk bisa tampil menjadi pemimpin ke depan. Kenyataannya, yang mampu saja tidak cukup terpilih di era demokrasi seperti ini. Biasanya yang mampu ini sulit populer karena terlalu serius. Sementara yang populer tidak serius. Kalau semakin serius, tidak terlalu disukai (masyarakat)," ujar Dahlan.

Baca Selanjutnya: Dia menambahkan bahwa apa yang...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami