Dahlan Iskan: Vaksin Covid-19 Seharga Rp1 Juta Masih Laris, Negara Hemat Rp50 T

Dahlan Iskan: Vaksin Covid-19 Seharga Rp1 Juta Masih Laris, Negara Hemat Rp50 T
Sidang vonis Dahlan Iskan. ©2017 merdeka.com/Masfiatur Rochma
PERISTIWA | 18 Desember 2020 12:19 Reporter : Randy Ferdi Firdaus

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengumumkan bahwa vaksinasi Covid-19 gratis untuk seluruh rakyat Indonesia. Hal ini mengundang reaksi mantan Menteri BUMN, Dahlan Iskan.

Dahlan awalnya mengira, program vaksinasi ini ada dua rencana. Gratis untuk warga tak mampu dan berbayar untuk warga yang mampu. Sementara skemanya, yang gratis melalui BPJS Kesehatan.

Dahlan pun bercerita tentang informasi yang diketahuinya dari negeri China. Di sana, vaksin ada yang berbayar, dengan dua kali suntik senilai Rp 800 ribuan.

"Kalau di Indonesia disediakan jalur berbayar rasanya harga Rp1 juta masih akan laris. Setidaknya, dari 300 juta rakyat kita, 50 juta orang mampu untuk membayar Rp 1 juta itu. Negara hemat Rp 50 triliun," kata Dahlan di website pribadinya disway.id, dikutip merdeka.com, Jumat (18/12).

Apabila gratis, Dahlan pun mempertanyakan proses pemberian vaksin tersebut. Karena dia menilai, akan memicu persoalan keadilan. Siapa yang bakal disuntik setelah tenaga kesehatan lebih dulu.

"Saya membayangkan pemerintah lagi sibuk mengatur pengelompkan masyarakat yang begitu banyak," tambah dia.

Belum lagi soal penyediaan vaksin yang jumlahnya sangat banyak. Dahlan mempertanyakan, apakah kapasitas pabrik bisa menampung.

infografis perbandingan vaksin
©2020 Merdeka.com

Dia mencontohkan vaksin asal Pfizer, Amerika yang memiliki dua pabrik di Michigan dan Belgia yang sudah mendapatkan izin edar. Sementara Moderna, Sinovac dan Sinopharm, izinnya segera menyusul.

Vaksin Rusia, menurut Dahlan, sepertinya akan digunakan untuk warganya sendiri. Sementara vaksin dari University of Queensland, sudah tak mendapatkan izin karena menimbulkan efek samping berbahaya yakni penyakit seperti HIV.

"Kita sendiri masih menunggu hasil uji coba tahap 3 caksin Sinovac di Bandung itu. Yang laporannya akan selesai dikerjakan akhir bulan ini," tambah Dahlan lagi.

Baca Selanjutnya: Waspada Spekulan...

Halaman

(mdk/rnd)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami