Dahsyatnya Gempa Malang: Gerabah Pecah hingga Dinding Berbunyi

Dahsyatnya Gempa Malang: Gerabah Pecah hingga Dinding Berbunyi
Kerusakan akibat gempa di Malang. ©2021 Merdeka.com
PERISTIWA | 10 April 2021 22:03 Reporter : Rifa Yusya Adilah

Merdeka.com - Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 (sebelumnya BMKG sudah mengupdate dari magnitudo 6,7) mengguncang 90 Km Barat Daya Kabupaten Malang, Jawa Timur di Kedalaman 25 Km. Akibat gempa tersebut, sejumlah wilayah di Jawa Timur mengalami kerusakan berat dan menimbulkan korban jiwa.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati menyampaikan sebanyak tujuh orang dinyatakan meninggal dunia.

"Korban meninggal dunia di Kabupaten Malang 3 jiwa, Lumajang 2 dan di wilayah perjalanan Lumajang – Malang 2," kata Raditya dalam keterangan tertulis, Sabtu (10/4/2021).

kerusakan akibat gempa di malang
©Istimewa

Dia juga menyatakan lebih dari 300 rumah di Jawa Timur rusak akibat gempa dengan magnitudo 6,1 pada Sabtu (10/4/2021) pukul 20.00 WIB. Dengan rincian rumah rusak berat (RB) berjumlah 11 unit, rusak sedang (RS) 194 dan rusak ringan (RR) 126.

"Catatan sementara, 13 unit rumah rusak namun belum ditentukan kategori tingkat kerusakan," ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BNPB) Jawa Timur, Yanuar Rachmadi melaporkan ada 5 Kabupaten di Jawa Timur yang merasakan gempabumi dengan intensitas atau skala IV MMI. Sebagai informasi Skala MMI (Skala Mercalli) merupakan satuan untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Skala tertinggi yakni skala XII MMI.

kerusakan akibat gempa di malang
©2021 Merdeka.com

"Kabupaten Kediri, Trenggalek, Jombang merasakan skala III hingga IV MMI. Sedangkan Kabupaten Malang dan Blitar merasakan skala IV MMI," kata Yanuar dalam keterangan resminya, Sabtu (10/4).

Lebih lanjut lagi, Yanuar mengungkapkan dahsyatnya gempa skala MMI yang mengguncang 5 kabupaten tersebut.

kerusakan akibat gempa di malang
©Istimewa

"Skala IV MMI, pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah dan di luar oleh beberapa orang. gerabah pecah, jendela atau pintu berderik dan dinding berbunyi," ujarnya.

Sementara itu, selain 3 wilayah tersebut, ada 13 wilayah yang dilanda gempabumi dengan skala III MMI. Warga yang sedang berada di 13 wilayah itu bisa merasakan getaran dengan nyata dari dalam rumah. Getaran tersebut, kata dia, seperti seakan-akan ada truk yang berlalu.

rumah rusak akibat gempa di malang
©Istimewa

"Kabupaten diguncang gempa seperti seakan ada truk berlalu yaitu Kabupaten Sidoarjo, Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Madiun, Ponorogo, Pacitan, Tuban, Ngawi, Nganjuk, Kota Surabaya, dan Kota Batu," ungkapnya.

Gempa yang terjadi pukul 14.00 WIB itu, kata dia, mampu meruntuhkan beberapa kantor dan rumah dalam hitungan detik. Di Kabupaten Malang, tercatat Kantor desa Majangtengah rusak ringan. Terdapat pula rumah yang rusak di Desa Majangtengah.

kerusakan akibat gempa di malang
©2021 Merdeka.com

"Kerusakan rumah masih dalam pendataan. Selain kantor desa di Malang, Puskesmas Kecamatan Bantur rusak. Lalu Masjid Baiturohman, di Tutur, Pasuruan juga rusak," kata dia.

Kerusakan ringan juga terjadi pada 2 Kantor kecamatan di Trenggalek, yakni Kantor Kecamatan Durenan dan Kantor Desa Cakul Kecamatan Dongko.

kerusakan akibat gempa di malang
©2021 Merdeka.com

Seperti diketahui, Gempa bumi terjadi di wilayah Malang, Jawa Timur. Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 ini terjadi pada pukul 14.00 WIB.

Menurut BMKG, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

kerusakan akibat gempa di malang
©2021 Merdeka.com

Gempa terjadi di 8.95 Lintang Selatan, 112.48 Bujur Timur atau 90 km barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Lokasi gempa tersebut berada di kedalaman 25 km. (mdk/ded)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami