Damkar Semarang Bersih-Bersih Sarang Tawon Ndas yang Resahkan Warga

PERISTIWA » MALANG | 1 Desember 2019 03:03 Reporter : Danny Adriadhi Utama

Merdeka.com - Petugas pemadam kebakaran Kabupaten Semarang membersihkan sarang tawon jenis Vespa Affinis atau tawon ndas yang bersarang di pemukiman dan perkebunan warga. Petugas melengkapi diri mereka sejumlah pengamanan agar tidak diserang.

"Kita butuh semprotan nyamuk yang diisi BBM, rompi evakuasi. Di mana ketika evakuasi petugas siap semprotkan tawon itu agar meminimalisir diserang. Kita namakan ini gerakan OTT (operasi tangkap tawon), yang informasi keberadaan sarang tawon dari masyarakat," kata Kabid Damkar dan Linmas Satpol PP Kabupaten Semarang, Aris Muji Widodo, Sabtu (30/11).

Dia mengatakan, dalam sehari petugas mendapatkan empat laporan keberadaan sarang tawon ndas di sekitar rumah warga. Seperti hari ini, di kawasan Perum Indah Permai Kupang Rejo RT 1/RW 10, di Tegal Sari, Desa Pringapus RT. 06 / RW. 03, Pringapus, Perum Wonosari Dusun Sambeng, Desa Wonoyoso, RT. 01/RW. 08, Kecamatan Pringapus, dan terakhir
Tegal Sari, Desa Pringapus RT. 09 / RW. 3, Pringapus.

"Untuk penanganan tingkat bahayanya memang belum ada vaksin. Sehingga jadi sangat berbahaya ketika menyengat warga," jelasnya.

Masyarakat diimbau segera melapor ke petugas pemadam kebakaran jika menemukan sarang tawon di sekitar rumah mereka.

"Baiknya segera lapor ke petugas agar di-OTT. Ini sebagai antisipasi agar tidak ada korban karena serangan saat pemindahan sarang tersebut," ujarnya.

Menurutnya, sampai saat ini serangan tawon ndas belum sampai memakan korban jiwa. "Kalau serangan mungkin ada, tapi untuk korban belum ada laporan. Ya kami berharap tidak ada korban," tuturnya.

Dia menilai tawon ndas merupakan binatang yang berbahaya apalagi sarangnya seringkali di dekat pemukiman. "Selagi koloninya belum membesar, kita upayakan memusnahkan sarangnya pada sore hari saat hewan tersebut sedang berkumpul," tutup Aris. (mdk/lia)

Baca juga:
Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Disengat Tawon
Atasi Teror Tawon, Ganjar akan Terjunkan Tim BPBD
Petani di Tuban Tewas Diserbu Ratusan Lebah, di Tubuhnya ada 180 Sengatan
2 Warga Pemalang Meninggal Usai Diserang Tawon yang Bersarang di Area TPU
Sengatan Tawon Ndas Hantui Warga Klaten, 10 Korban Meninggal Sejak 2017
Cerita Korban Selamat Sengatan Tawon yang Tewaskan 1 Orang di Garut

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.