Dampak Corona, 3.042 Pekerja di Tangerang Kena PHK dan 651 Dirumahkan

Dampak Corona, 3.042 Pekerja di Tangerang Kena PHK dan 651 Dirumahkan
PERISTIWA | 9 April 2020 15:55 Reporter : Kirom

Merdeka.com - Dampak penyebaran corona menyebabkan 3.693 pekerja di Kota Tangerang menganggur. Dari jumlah tersebut, 3.042 pekerja terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), dan 651 dirumahkan.

"Total ada 3.693 orang angkatan kerja yang terdampak covid-19," ungkap Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah di Puspemkot Tangerang, Kamis (9/4).

Dijelaskan dia, jumlah pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan itu berasal dari 53 perusahaan yang telah melapor ke Disnaker Kota Tangerang, akibat pelemahan ekonomi imbas pandemi corona.

Sementara itu, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang tengah meminta perusahaan melaporkan kinerja dan kondisi keuangan. Hal ini, dilakukan untuk mendata sekaligus mengetahui jumlah perusahaan terdampak, apakah melakukan penutupan kegiatan usaha, memutus hubungan kerja dan sebagainya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tangerang, Jarnaji mengungkapkan, pendataan perusahaan tersebut sehubungan dengan pandemik Covid-19, yang berdampak pada kondisi ketenagakerjaan di Kabupaten Tangerang.

"Ini juga bagian dari tindaklanjut kami terhadap Surat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten Nomor : 560/0598-DTKT/IV/2020 Tanggal 01 April 2020 perihal Permintaan Data Ketenagakerjaan," kata Jarnaji.

Diterangkan dia, pendataan ini dilakukan sejak tanggal (1/4) sampai tanggap darurat bencana wabah Covid-19 selesai.

Dalam pendataan, Disnaker mengacu kepada tiga aspek, pertama informasi apakah perusahaan tutup atau tidak beroperasi sebagian atau seluruhnya. Kedua mendata jumlah pekerja buruh yang dirumahkan baik sebagian atau seluruhnya, dan mendata pekerja yang terkena PHK.

"Pendataan perusahaan tetap beroperasi atau sebagian di tengah wabah virus corona, karyawan dirumahkan, juga jumlah buruh yang di-PHK," terang dia. (mdk/cob)

Baca juga:
Jokowi Minta Pengusaha Tak Pecat Karyawan Saat Pandemi Corona
Aprindo Minta Penjelasan Ramayana Depok Terkait PHK Puluhan Karyawan
507 Karyawan Kena PHK Imbas Corona di Solo akan Ikut Program Kartu Pra Kerja
Pandemi Covid-19, Puluhan Karyawan Ramayana Cirebon Mall Kena PHK
Dampak Corona di Bogor, 1.467 Pekerja Dirumahkan dan 82 Orang Di-PHK
Ramayana Depok PHK 87 Karyawan Akibat Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Jatim Bersiap Jalani Kehidupan New Normal - MERDEKA BICARA with Khofifah Indar Parawansa

5