Dampak Corona, Lalu Lintas Beberapa Jalan Tol Turun Signifikan

Dampak Corona, Lalu Lintas Beberapa Jalan Tol Turun Signifikan
macet. Merdeka.com/Imam Buhori
PERISTIWA | 21 Maret 2020 19:01 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Sudah lima hari masyarakat bekerja dan belajar dari rumah, sejumlah ruas jalan terpantau semakin lancar dilalui kendaraan. Seperti di Tol_Jagorawi Cawang-TMII-Cibubur-Bogor-Ciawi maupun sebaliknya.

"Tol_JapekIIElevated Cikunir-Tambun-Cikarang-Karawang lancar. Karawang-Cikarang- Tambun-Cikunir lancar. Tol_Japek Cawang-Cikunir-Cikarang-Dawuan-Cikampek lancar. Cikampek-Dawuan-Cikarang-Cikunir-Cawang lancar," tulis akun Twitter PT. Jasamarga, Jakarta, Sabtu (21/3).

Selain itu, untuk kendaraan yang akan menuju puncak melalui Tol Jagorawi tidak diberlakukannya sistem satu arah atau buka-tutup jalan. Dimana biasanya pihak kepolisian memberlakukan buka tutup jalur puncak untuk mengantisipasi pelonjakan jumlah kendaraan.

AVP Corporate Communication Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso mengatakan, telah terjadi penurunan lalu lintas yang cukup signifikan. Salah satu penurunan itu terjadi Jalan Tol Sedyatmo (Bandara) dan Jalan Tol Bali-Mandara.

"Berdasarkan catatan kami pada periode 16-18 Maret 2020, secara umum memang terjadi penurunan lalin di jalan tol yang dikelola Jasa Marga Group di Indonesia. Terdapat beberapa ruas Jalan Tol Jasa Marga Group yang lalinnya turun signifikan, contohnya Jalan Tol Sedyatmo (Bandara) dan Jalan Tol Bali-Mandara," katanya saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Sabtu (21/3).

"Namun, juga ada beberapa ruas jalan tol yang lalinnya turun tidak signifikan, serta ada ruas yang relatif normal," sambungnya.

Selain itu, kelancaran jalan tol di sore hari ini juga terjadi di kawasan Jakarta Utara. Sementara itu, Jalan Sultan Agung Medan Satria, Kota Bekasi, saat ini tidak bisa dilewati oleh kendaraan. Hal itu dikarenakan adanya keretakan jalan di lokasi tersebut, sehingga membuat sejumlah kendaraan tak bisa lewat.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, penurunan lalu lintas terjadi di semua wilayah yang masih berada di bawah Polda Metro Jaya.

"Turun semua (untuk situasi saat ini, meski weekend)," tutupnya. (mdk/fik)

Baca juga:
Akhir Pekan di Tengah Wabah Corona, Tol Jabodetabek Lancar
Jasa Marga: Penutupan Tol Arah Jakarta Hoaks
Mulai Hari Ini, Isi Ulang Tunai di Gerbang Tol Jabotabek Ditutup Sementara
Hari Ketiga Kerja di Rumah, Jalan Tol Jakarta Tampak Lengang
Kakorlantas Cek Kesiapan Tol Manado-Bitung Hadapi Musim Mudik Lebaran 2020

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami