Dampak Corona, Ribuan Perantau di Luar Negeri Mudik ke Bali

Dampak Corona, Ribuan Perantau di Luar Negeri Mudik ke Bali
Gubernur Bali Wayan Koster. ©2019 Merdeka.com
PERISTIWA | 8 April 2020 20:33 Reporter : Moh. Kadafi

Merdeka.com - Gubernur Bali Wayan Koster menerangkan sebanyak 6.174 warga yang merantau di luar negeri telang pulang kampung. Kepulangan mereka lantaran dampak dari pandemi corona. Jumlah ini tercatat dari tanggal 29 Maret hingga 7 April.

"Sudah dipulangkan dari negaranya sebanyak 6.174 orang, dan masih akan datang lagi nanti malam sekitar 601 orang (ke Bali)," kata Koster di Denpasar, Rabu (8/4).

Menurutnya, warga Bali yang menjadi pekerja migran Indonesia (PMI) atau anak buah kapal di luar negeri diperkirakan mencapai lebih dari 20 ribu orang.

Untuk mengantisipasi penyebaran corona, perantau yang tiba di Bali dilakukan rapid test. "Setiap hari ada yang pulang dari berbagai negara. Saya mengambil kebijakan semua yang pulang dari luar negeri ini harus mengikuti rapid test untuk memastikan kondisi kesehatannya. Sehingga dengan demikian akan diketahui yang negatif dan yang positif. Yang negatif boleh pulang tetapi harus mengikuti karantina mandiri di rumahnya dengan disiplin dan diawasi oleh satgas Gotong Royong Desa Adat," jelas Koster.

Bila ada PMI yang positif Covid-19 harus dikarantina di tempat yang disediakan oleh pemerintah Provinsi Bali, atau dibawa ke rumah sakit rujukan yang ditentukan.

"Kalau sehat dikarantina kalau kurang sehat positif langsung dibawa ke rumah sakit untuk segera mendapatkan perawatan secara intensif sesuai dengan standar kesehatan," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Rumah Sakit Khusus Covid-19 di...

Halaman

(mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami