Dampak Paling Dirasakan Setelah Disuntik Uji Coba Vaksin Corona

Dampak Paling Dirasakan Setelah Disuntik Uji Coba Vaksin Corona
Vaksin Corona Covid 19. ©2020 Merdeka.com
PERISTIWA | 3 Oktober 2020 09:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Saat ini, vaksin virus corona telah dikembangkan di berbagai penjuru dunia. Mulai dari China, Amerika Serikat, dan Rusia.

Menurut Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID 19, Wiku Adisasmito, pengembangan uji klinis vaksin adalah harus aman tanpa efek samping, tepat menimbulkan kekebalan spesifik terhadap COVID-19, serta cepat diproduksi dalam jumlah yang memadai.

Adapun, tahapan pengembangan vaksin dibagi menjadi tiga bagian, yaitu fase penelitian, fase pre-klinis, dan uji klinis. Tahap uji klinis dilaksanakan menjadi tiga tahapan, yaitu uji coba fase 1, fase 2, dan fase 3. Dalam setiap rangkaian uji klinis inilah, para relawan akan disuntikkan calon vaksin dan peneliti akan melihat efek samping yang ditimbulkan.

Di Indonesia sendiri, uji coba vaksin telah dilakukan di Bandung, Jawa Barat dan dimulai pada 11 Agustus 2020. Vaksin yang berasal dari China itu diuji cobakan ke 1.623 orang relawan.

Bagaimana pengalaman relawan usai disuntik vaksin ini? Adakah efek sampingnya?

Baca Selanjutnya: 1 Lengan Merasa Pegal dan...

Halaman

(mdk/bim)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami