Dampak PSBB Jakarta, Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Minangkabau Menurun

Dampak PSBB Jakarta, Jumlah Penumpang Pesawat di Bandara Minangkabau Menurun
PERISTIWA | 18 September 2020 18:52 Reporter : Ikhwan

Merdeka.com - Aktivitas di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman, Sumatera Barat ikut terdampak karena penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta. Executive General Manager Bandara Minangkabau Yos Suwagiono mengakui bahwa terjadi penurunan jumlah penumpang, semenjak diberlakukannya PSBB DKI Jakarta sejak Senin (14/9) lalu.

"Ada dampaknya, penumpang sudah mulai turun baik yang datang maupun penumpang yang berangkat, pulang pergi mungkin masyarakat masih menunggu PSBB yang sekarang," kata Yos di Padang, Jumat (18/9).

Yos menerangkan, bahwa penumpang di Bandara Minangkabau sepanjang Agustus 2020 tercatat mencapai 2,5 ribu hingga 3 ribu penumpang.

Sedangkan pada bulan September 2020 dari awal mulanya 1,9 ribuan penumpang, saat ini menurun menjadi 1,4 ribuan penumpang saja, sejak PSBB diberlakukan Senin lalu tersebut.

Selain itu, pihaknya mengakui bahwa ada peningkatan kesadaran dari para penumpang untuk melakukan tes swab atau PCR.

"Alhamdulillah terus meningkat, awalnya mulai 5 orang kemudian 20 orang, 30 orang hingga mencapai 80 orang sekarang, namun jangan dipandang ada yang lolos, namun itu merupakan bagian dari upaya tracking," kata Yos.

Yos mengimbau agar masyarakat yang datang dari zona merah agar menerapkan protokol kesehatan seperti menjaga jarak, pakai masker dan cuci tangan.

Seluruh penumpang apabila sakit akan diistirahatkan, petugas pun juga harus menggunakan APD lengkap.

"Kita bisa imbau masyarakat mulai dari pesawat bagaimana mereka sayang dengan dirinya, sayang dengan keluarga dan lingkungannya," harapnya. (mdk/cob)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami