Danpaspampres Jamin Keamanan Jokowi di Ukraina: Ada Kopasus, Denjaka dan Paskhas

Danpaspampres Jamin Keamanan Jokowi di Ukraina: Ada Kopasus, Denjaka dan Paskhas
Reaksi Jokowi Ketika Rombongannya Dikawal Ketat Paspampres Diteriaki Suster di Papua. Instagram @fadjroelrachman
NEWS | 23 Juni 2022 14:23 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo menjamin keamanan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berkunjung nanti ke ibu kota Ukraina dan Rusia. Menurutnya, jarak Jokowi akan jauh dari titik konflik.

"Sementara aman karena kalau kami melihat sampai di Donetsk kurang lebih dari Kiev itu kurang lebih jaraknya sekitar paling dekat yang ledakan itu adalah 380 Km dari Kiev itu yang sudah kita antisipasi," kata Budi saat dihubungi, Kamis (23/6).

"Sementara mereka masih melakukan serangan ya memang di seputaran Donetsk itu saja, jadi alhamdulillah masih jauh lah dari Kiev," sambungnya.

Budi percaya diri terhadap keamanan kepala negara di daerah perang itu. Dia menyebut, Paspampres terdiri dari tim dari satuan-satuan khusus yang sudah terlatih dan siap menyelamatkan Jokowi.

"Semuanya dari Paspampres, Paspampres kan punya ada tim Penyelamatan sendiri, ada timnya sendiri jadi sebelum kereta api jalan 3 jam sebelumnya kita sudah punya deteksi ada tim deteksi yang sudah kita siapkan dari awal," tutur Budi.

"Dan Paspampres ini banyak terdiri dari pasukan pasukan khusus juga sehingga alhamdulillah kita juga tidak terlalu khawatir karena Paspampres ini ada dari Kopassus ada dari Denjaka ada dari Paskhas ada. Alhamdulillah kita percaya diri," sambungnya.

Budi menambahkan, beberapa pekan lalu hingga sekarang, Paspampres sudah berlatih. Latihan itu berupa antisipasi kejadian dan penyelamatan.

"Contohnya penyelamatan dari kereta api, penyelamatan di Stasiunnya sendiri, di jalan seperti apa, mengescape beliau itu kita sudah latihan, itu dari teknisnya," katanya.

Baca juga:
Jokowi ke Ukraina, Intip Persiapan Taktis Paspampres
Melihat Kedekatan Jan Ethes dengan Paspampres, Ada yang Jadi Pelatih Taekwondo
Sergio Sanjaya Sabet Juara I Kompetisi Menembak Danpaspampres 2022 di Usia 13 Tahun
Ini Bukti Raffi Ahmad Jago Menembak, Jenderal Paspampres yang Teken Dokumennya
Cerita Wakil Wali Kota Teguh Prakosa Kecewa Tak Diizinkan Dampingi Jokowi di Solo
Potret Kompak 5 Jenderal Mantan Danpaspampres, Satu jadi Bintang 3 Termuda TNI AD

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami