Dapat Adipura Kencana, Bupati Kudus sebut karena andil masyarakat

Dapat Adipura Kencana, Bupati Kudus sebut karena andil masyarakat
Bupati Kudus Musthofa. ©musthofa-bupati.com
PERISTIWA | 3 Agustus 2017 04:04 Reporter : Rizky Andwika

Merdeka.com - Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mendapatkan penghargaan Adipura Kencana dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan diberikan dalam Peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun 2017 yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bupati Kudus Musthofa mengungkapkan penghargaan Adipura sering diberikan ke daerahnya dikarenakan atas partisipasi masyarakat. Kudus tercatat pernah enam kali mendapatkan penghargaan Adipura Kencana maupun Adipura Kirana.

"Saya hitung partisipasi masyarakat mencapai 70 persen, maka di sini kita sebagai abdi masyarakat dan abdi negara tidak lain tidak bukan adalah mengoptimalkan partisipasi masyarakat," kata Musthofa ditemui usai menerima penghargaan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Rabu (2/8).

Musthofa menjelaskan melibatkan masyarakat yaitu dengan cara sering mengumpulkan tokoh masyarakat, kepala desa di Kudus. Hal ini disebut olehnya sebagai program 'Bupati Lapor Rakyat'. Mereka dikumpulkan untuk diminta komitmen dalam menjaga lingkungan di kota kretek.

"Jadi setiap Minggu, Rabu malem Kamis, tokoh masyarakat pemuda kepala desa saya kumpulkan," jelasnya.

Dalam acara tersebut, selain Kabupaten Kudus, penghargaan Adipura juga diberikan kepada Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kota Balikpapan, Kota Malang, dan Kabupaten Jombang. (mdk/msh)

Baca juga:

Kota Malang raih Adipura Kencana dan Adiwiyata Mandiri

Rencana Wali Kota Padang bawa pulang penghargaan Adipura tahun ini

Masuk kolam buaya jadi ganjaran perusak lingkungan di Jayapura

Mampu wujudkan kota masa depan, program Adipura digalakkan Kemen LHK

Priadi tak ingin Payakumbuh gagal rebut Adipura 2017

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami