Dapat Cerita dari Mertua, Putri Mahkota Kerajaan Denmark Bertamu ke Keraton DIY

Dapat Cerita dari Mertua, Putri Mahkota Kerajaan Denmark Bertamu ke Keraton DIY
PERISTIWA | 4 Desember 2019 15:07 Reporter : Purnomo Edi

Merdeka.com - Putri Mahkota Kerajaan Denmark, Mary Elizabeth Donaldson berkunjung ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Rabu (4/12). Mary tiba di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekitar pukul 11.39 WIB.

Kedatangan Putri Mary ini disambut langsung oleh putri dan menantu Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Nampak terlihat GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno dan GKR Bendara terlihat menyambut Mary di Keben yang merupakan salah satu gerbang masuk ke dalam Keraton.

Diantar oleh para putri Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Putri Mary ditemui oleh Sultan HB X dan GKR Hemas di Bangsal Kencono. Di Bangsal Kencono, Putri Mary disambut dengan Gending Ladrang Raja Manggala. Gending ini biasa dimainkan saat seorang Raja melintas di area Keraton.

Diiringi suara gamelan, Sultan HB X dan Putri Mary pun sempat bertukar cinderamata. Setelahnya Sultan HB X mengajak Putri Mary makan siang bersama di Bangsal Manis.

Usai menjamu Putry Mary, Sultan HB X menyebut bahwa tak ada hal khusus berkaitan kedatangan putri mahkota Kerajaan Denmark. Sultan HB X pun mengatakan tak ada obrolan khusus yang membahas tentang Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kerajaan Denmark.

"Ya hanya ngobrol-ngobrol saja. Ya biasa-biasa saja (obrolannya). (Pembicaraan) kekeluargaan saja. Ya memang ke sini waktunya hanya satu jam dan hanya untuk jamuan makan," ujar Sultan HB X.

Sultan HB X menuturkan jika Putri Mary datang ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat usai mendengarkan cerita ibu mertuanya, Ratu Margareth II yang pernah berkunjung pula ke Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat di tahun 2015 lalu.

"Ibunya (mertua) pernah ke sini empat tahun yang lalu. Dia mendapatkan cerita dari mertuanya," ungkap Sultan HB X. (mdk/ded)

Baca juga:
Nama Desa dan Kecamatan di Yogyakarta akan Dikembalikan ke Zaman Kesultanan
Perubahan Nama Desa di Yogyakarta Tidak Pengaruhi Program Dana Desa
Keraton Yogyakarta Pecat Abdi Dalem yang Terlibat Pelecehan Seksual
Keraton Yogya Mulai Prosesi Pembuatan Gunungan Gerebeg Maulid
Raja Malaysia Bertemu Sultan HB X di Keraton Yogyakarta
Presiden Jokowi Silaturahmi ke Kediaman Sultan Hamengkubuwono X

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami