Dapat uang Rp 100.000 per hari, pengemis gaya ber-HP

Dapat uang Rp 100.000 per hari, pengemis gaya ber-HP
Pengemis di TPU Karet Tengsin. ©2013merdeka.com/m. luthfi rahman
PERISTIWA | 20 Mei 2014 01:04 Reporter : Ramadhian Fadillah

Merdeka.com - Wakil Wali Kota Sukabumi, Ahmad Fahmi mendapat beberapa fakta mengejutkan tentang kehidupan pengemis di Sukabumi dan sekitarnya. Selain hidup berkecukupan, banyak pengemis yang menggunakan telepon genggam untuk berkomunikasi baik dengan keluarganya maupun rekannya.

"Kondisi seperti ini membuat prihatin kami disaat tukang ojek, buruh bahkan pegawai negeri sipil membanting tulang untuk mendapatkan upah untuk menghidupi keluarganya, tapi seorang pengemis yang dengan hanya meminta-minta bisa membeli segala rupa untuk keluarganya seperti membeli rumah, kendaraan pribadi dan lain. Karena setiap pengemis pendapatannya bisa mencapai Rp 100 ribu per harinya," kata Ahmad Fahmi, seperti dikutip antara, Senin (19/5).

Fahmi mengatakan larangan memberikan uang kepada para pengemis tersebut bukan melarang untuk berbagi atau beribadah. Tapi, baik ditinjau dari sisi pandangan agama maupun lainnya, memberikan bantuan kepada para pengemis tidak bermanfaat.

"Sebab yang ada mereka akan lebih senang menjadi pengemis dibandingkan harus bekerja," kata Ahmad.

Pihaknya mengimbau kepada dinas terkait seperti Dinas Sosial dan Satuan Polisi Pamong Praja untuk mendata keberadaan pengemis di Kota Sukabumi.

"Kami akui setiap tahunnya bahkan bulannya jumlah pengemis selalu meningkat, apalagi mendekati Ramadan dan Idul Fitri yang jumlahnya akan semakin menjamur. Selain itu, ternyata mayoritas pengemis yang ada bukan merupakan warga asli Kota Sukabumi tetapi pendatang dari luar daerah," kata Fahmi.

Namun, ke depannya pihaknya juga sudah mempunyai program untuk para pengemis yang ada di Kota Sukabumi yakni memberikan pelatihan dan pembinaan agar menjadi wirausahawan dengan tujuan agar mereka tidak kembali mengemis lagi ke jalan.

Bahkan, pihaknya sudah menugaskan anggota Satpol PP untuk selalu menertibkan para pengemis yang ada di wilayahnya. (mdk/ian)

Baca juga:

Dapat uang Rp 100.000 per hari, pengemis gaya ber-HP

Banyak pengemis punya sawah luas bahkan jadi juragan angkot

Siswa SD dipaksa orangtua mengemis untuk bayar cicilan motor

Mengaku cari makan, pengemis di Jakarta ogah dikasih makanan

Jokowi: Beri uang ke pengemis didenda Rp 20 juta

5 Cara pengemis Walang tumpuk kekayaan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami