Data Internal PPNI: 23 Perawat Wafat dan 99 Positif Covid-19

Data Internal PPNI: 23 Perawat Wafat dan 99 Positif Covid-19
PERISTIWA | 4 Juni 2020 10:44 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - PPNI sampaikan data internal pantauan tenaga medis perawat Indonesia yang terpapar virus Covid-19 pada, Rabu 3 Juni 2020. Data ini disiapkan PPNI secara mandiri atas kesediaan tenaga medis mengisi form yang telah disiapkan.

"Ini data khususnya bagi perawat yang terpapar Covid-19, berdasarkan pemantauan internal yang diisi secara sukarela oleh perawat," jelas Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhilah saat dihubungi merdeka.com, Kamis (4/6).

Dari hasil data tersebut, PPNI mencatat angka perawat tenaga medis yang ODP (Orang Dalam Pemantauan) ada 679 orang, PDP (Pasien Dalam Pengawasan) 58 orang, dan OTG (Orang Tanpa Gejala) 130 orang.

Selain itu, dari data tersebut angka meninggal akibat Covid-19 mencapai 23 orang dan perawat yang positif Covid-19 ada 99 orang. Sedangkan angka yang dirawat ada 199 pasien lalu sembuh 6 orang.

Harif menjelaskan bahwa data ini merupakan data hasil pantauan dari internal dan masih banyak kekurangan, karena pengisian data ini berdasarkan sukarela dari tenaga medis perawat.

Atas hal itu, dia mengimbau kepada para perawat tenaga medis untuk tetap mematuhi prinsip-prinsip pencegahan Covid-19, disiplin pakai alat pelindung diri (APD), pastikan kondisi sehat saat menangani pasien dan selalu berpikir positif. (mdk/ded)

Baca juga:
Jokowi Minta Penanganan Covid-19 Fokus di Jatim, Sulsel dan Kalsel
Jokowi Minta Tes PCR Covid-19 Ditingkatkan 20.000 Spesimen Setiap Hari
Stres Karena Pandemi hingga Sempat Kena GERD, Ini Kabar Terbaru Surya Saputra
Korsel Setujui Penggunaan Obat Remdesivir untuk Pasien Covid-19
Tak Pakai Masker, 2 Pria Ini Malah Marahi & Tunjuk-Tunjuk Marinir TNI
Jadi Beban, Pengusaha Minta Program Tapera Dievaluasi
Ketum Golkar Imbau Masyarakat Mulai Beradaptasi dengan New Normal

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5