Debat Pilkada Solo, Gibran Fokus UMKM dan Bagyo Kedepankan Serap Aspirasi Rakyat

Debat Pilkada Solo, Gibran Fokus UMKM dan Bagyo Kedepankan Serap Aspirasi Rakyat
PERISTIWA | 3 Desember 2020 23:57 Reporter : Arie Sunaryo

Merdeka.com - KPU menggelar debat publik pemilihan Wali Kota Solo dan Wakilnya dengan tema 'Memajukan Daerah'. Dua pasangan calon beradu visi dan misi untuk memajukan Kota Solo.

Pasangan calon nomor urut 1, Gibran Rakabuming mengatakan, telah memiliki strategi khusus dalam memajukan daerah. Identitas dan karakter kota Solo sebagai kota yang kreatif dan inovatif merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Namun dalam kondisi pandemi seperti ini tentu diperlukan strategi khusus.

"Solo ini gudangnya orang kreatif. Ekonomi kreatif terdampak, perhotelan terdampak, pariwisata terdampak, UMKM juga terdampak. Ke depan kita ingin melakukan percepatan pemulihan ekonomi," katanya, Kamis (3/12).

"Kita ingin ada fasilitas restrukturisasi kredit untuk UMKM program padat karya untuk yang terkena PHK dan juga memberikan kelonggaran pajak daerah dan juga retribusi untuk UMKM," sambung putra sulung Presiden Joko Widodo itu.

Dia optimis, di tengah kesulitan dan bencana saat ini akan selalu ada peluang. Gibran menjanjikan adanya creative hub. Dengan demikian anak-anak muda akan semakin kreatif. Mereka juga akan didukung adanya pelatihan-pelatihan marketing serta pelatihan pendukung lainnya.

"Ini nanti yang akan membuka peluang agar anak-anak Musa tetap kreatif. Kita ingin UMKM ini bisa menaikkan daya saingnya. Kita juga ingin UMKM di Solo ini bisa naik kelas," ujarnya.

Sementara itu, pasangan calon nomor urut 2, Bagyo Wahyono akan mengajak seluruh lapisan masyarakat termasuk mahasiswa dalam memajukan Kota Solo.

"Saya nanti akan berembuk dengan koalisi rakyat. Yaitu rembuk kota Solo. Di situ juga ada tokoh- tokoh masyarakat, mahasiswa dan seluruh elemen masyarakat termasuk budayawan," terangnya.

Menurut pria yang berprofesi sebagai penjahit itu, rembuk kota akan diadakan selama satu bulan sekali. Seandainya menang dalam pilkada, Bagyo akan memanfaatkan waktu berembuk dengan masyarakat setiap minggunya. Hal tersebut untuk menyerap aspirasi demi kemajuan Solo.

"Kita punya ahli-ahlinya. Tentang budaya kita serahkan budayawan, tentang ekonomi ya kita serahkan ke ahlinya. Termasuk pendidikan, olahraga, bakul wedang dan lainnya," tutupnya.

Dia berharap rembuk bareng nanti akan bisa memecahkan seluruh permasalahan yang ada di kota. (mdk/fik)

Baca juga:
Cegah Penularan Covid-19, Polisi Larang Pendukung Paslon Nobar Debat Pilkada Solo
400 Polisi di Solo Jalani Rapid Test Jelang Pencoblosan Pilkada
Jelang Pilkada, 1.231 Saksi Paslon Gibran-Teguh Jalani Rapid Test
FX Rudy Sarankan Gibran dan Teguh Pertajam Data dan Program di Debat Kedua
Pilkada Solo Tinggal Sepekan, PKS Putuskan Tetap Abstain

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami