Laporan dari Arab Saudi

Delegasi Amirul Hajj Lakukan Konsolidasi dengan PPIH Arab Saudi Jelang Armuzna

Delegasi Amirul Hajj Lakukan Konsolidasi dengan PPIH Arab Saudi Jelang Armuzna
Naib Amirul Hajj, Zainut Tauhid Saadi, pimpin rapat koordinasi. ©2022 Merdeka.com/MCH-2022
NEWS | 3 Juli 2022 02:09 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Delegasi Amirul Hajj sudah tiba di Tanah Suci sejak Kamis (30/6) malam WAS. Rombongan dipimpin Naib Amirul Hajj yang juga Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa'adi.

Pada Sabtu (2/7) pagi, delegasi Amirul Haj langsung melakukan rapat koordinasi sekaligus konsolidasi dengan seluruh kepala daerah kerja bersama tim pemantau dan pengawas PPHI Arab Saudi.

"Hari ini kami tim Amirul Hajj melakukan koordinasi dengan kadaker juga tim pemantau dan pengawas PPHI, juga dari tim evaluasi. Kami ingin menyerap, mendapatkan banyak informasi terkait penyelenggaraan ibadah haji 2022," kata Zainut dalam jumpa pers singkat di ruang Media Center Haji (MCH) 2022 di Kantor Daker Makkah, Sabtu (3/7).

Salah satu yang menjadi fokus pembahasan adalah persiapan jelang puncak haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina (Armuzna). Seperti diketahui, pelaksanaan wukuf di Arafah pada 9 Dzulhijjah atau bertepatan dengan tanggal 8 Juli 2022.

"Yang segera mendapatkan perhatian adalah persiapan Armuzna. Kami juga ingin melihat persiapan di Armuzna, kami akan lihat dari dekat semua hal yang tadi disampaikan panitia," katanya.

Dalam rapat koordinasi tersebut, sambut Zainut, tim Amirul Hajj banyak sekali mendapatkan informasi terkait pelayanan dan bimbingan ibadah yang diberikan PPIH 1443H/2022M kepada jemaah. Secara umum, katanya, dua hal tersebut hasilnya cukup baik.

"Alhamdulillah hari ini kami banyak mendapatkan masukan dari kadaker, tim pemantau, tim pengawas dan tim pendukung terkait penyelenggaraan ibadah haji 2022. Baik aspek transportasinya, katering dan masalah-masalah kesehatan, kami mendapatkan informasi semuanya berjalan baik. Jemaah dapat pelayanan maksimal dari kami," ungkap pria berkacamata ini.

Dia juga mengapresiasi gerak cepat seluruh panitia ketika menemukan hal-hal yang kurang tepat di lapangan

"Kami apresiasi itu," tegas Zainut.

Dalam kesempatan yang sama, Zainut memastikan Amirul Hajj yang juga Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, juga akan segera tiba di Makkah dan bergabung dengan delegasi Amirul Hajj yang telah tiba.

"Sedianya Pak Menteri berangkat bersama-sama dengan kami tapi masih banyak hal yang harus diselesaikan di Jakarta. Sehingga harus ditunda keberangkatannya dan Insya Allah bisa segera bergabung dengan kami," tutup Zainut.

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini