Demo Depan Gedung DPR Makin Ramai, Jalan Gatot Soebroto Arah Slipi Ditutup

PERISTIWA | 23 September 2019 18:14 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Jalan Gatot Subroto menuju arah Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI ditutup. Penutupan dilakukan mulai dari kolong flyover Ladogi yang mengarah ke Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat. Hal ini berkaitan dengan aksi demo ratusan orang di depan gedung DPR, Senin (23/9).

Kasat Lantas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Lilik Sumardi mengatakan, penutupan jalan tersebut bersifat situasional. Penutupan ini karena adanya aksi di depan Gedung DPR/MPR RI dari dua kelompok pro dan kontra terkait Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP).

"Akan kami buka kalau aksi sudah selesai. Tapi untuk saat ini jalur Transjakarta dibuka untuk pengendara melintas," kata Lilik saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (23/9).

Sebelumnya, jalur Transjakarta sempat dibuka saat demo sedang berlangsung. Namun, jalur tersebut ditutup karena massa aksi sudah mulai membludak.

"Intinya kami akan bersifat persuasif kepada pendemo," ujarnya.

Pantauan merdeka.com, penutupan jalur hanya dilakukan di jalur arteri dari arah Senayan menuju arah Slipi, Jakarta Barat saja, sejak pukul 16.00 WIB. Untuk arah sebaliknya tidak dilakukannya penutupan. Banyaknya massa yang menolak dan setuju dengan RUU KUHP ini sampai menduduki tembok pembatas antara jalur tol dengan arteri.

Sebelumnya, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, akan melakukan rekayasa lalu lintas di seputaran Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Rekayasa tersebut dilakukan karena memang adanya aksi di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat.

Kasubdit Bin Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP M Nasir mengatakan, penutupan ruas jalan disekitar gedung DPR/MPR Jakarta berlangsung situasional. Rekayasa itu dilakukan tergantung jumlah massa yang akan ikut dalam aksi demonstrasi tersebut.

"Iya betul ada rekayasa lalu lintas di sekitar gedung DPR. Nanti penerapannya situasional," kata Nasir saat dikonfirmasi, Senin (23/9).

Berikut rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya :

1. Penutupan di fly over Ladogi diarahkan ke Gerbang Pemuda.

2. Gerbang Pemuda ke kiri ditutup diputarbalikan ke Gerbang Pemuda.

3. Arah dari Jalan Asia Afrika yang ke Gerbang Pemuda diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

4. Lalin belakang gedung DPR dialihkan ke kiri ke Jalan Tentara Pelajar.

Baca juga:
Demo #GejayanMemanggil Diakhiri dengan Pembacaan 7 Poin Tuntutan
Aksi Ribuan Mahasiswa Tolak RUU KUHP di Depan Gedung DPR
Demo #GejayanMemanggil Berakhir Dengan Tertib
Demonstran Tolak Revisi UU KPK dan RUU KUHP Berasal dari 25 Kampus di Bandung
Tanggapi Demontrasi Mahasiswa ke Gedung DPRD, Rektor UB Bantah Pindahkan Perkuliahan
Kecam Pelemahan KPK dan RUU Kontroversial, Massa Kepung DPRD Jember

(mdk/rnd)