Demo di Depan Gedung DPRD Sumut, Mahasiswa Nilai Nawacita Jokowi Belum Terwujud

PERISTIWA | 11 Desember 2018 17:19 Reporter : Yan Muhardiansyah

Merdeka.com - Puluhan mahasiswa berunjuk rasa di depan Gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol, Selasa (11/12). Mereka mengkritisi masih belum terwujudnya program Nawacita Presiden Jokowi.

Unjuk rasa dilakukan mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Koordinator Sumatera Utara. "Kami mencatat dari Nawacita yang dijanjikan Jokowi belum terpenuhi," kata Zulkifli, pimpinan aksi, Selasa (11/12) sore.

BEM Nusantara Koordinator Sumatera Utara juga menilai pemerintah tidak serius menyelesaikan kasus HAM di Indonesia. Pengunjuk rasa mencontohkan kasus penculikan aktivis yang belum tuntas hingga saat ini.

Bidang pendidikan pun mendapat sorotan dari para pengunjuk rasa. Menurut mereka, bidang itu belum merata. Kesejahteraan guru honorer juga belum diperhatikan.

Pemerintah pun dinilai hanya mementingkan kelompoknya. Korupsi semakin merajalela, terbukti masih banyaknya pejabat daerah yang tertangkap dalam OTT.

Pengunjuk rasa juga menilai Badan Intelijen Negara (BIN) saat ini lemah dan hanya menjadi alat politik praktis. "Karena itu, kami menuntut agar kepala BIN, Budi Gunawan, dicopot, meminta realisasi pendidikan, stop impor, stop utang, memanfaatkan SDA, prioritaskan para pekerja dalam negeri, dan yang paling utama adalah menuntaskan kasus HAM," tegas Zulkifli.

Unjuk rasa berlangsung tertib. Setelah ditemui salah seorang anggota DPRD Sumut, massa membubarkan diri. (mdk/bal)

Baca juga:
Mahasiswa Segel Kantor Rektor Universitas Muhammadiyah Riau
Jokowi Minta Mahasiswa Demo Dukung Pemerintah
Polri Tegaskan Tak Ada Mahasiswa Papua yang Ditahan di Surabaya
Sempat Ditahan Polisi, Aliansi Mahasiswa Papua Akhirnya Tinggalkan Surabaya
WN Australia dan Ratusan Mahasiswa Ditangkap Usai Demo Papua Merdeka
Aksi Mahasiswa Papua di Surabaya Dibubarkan Polisi

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.