Densus 88 Kembali Amankan Terduga Teroris di Cirebon

PERISTIWA | 15 Oktober 2019 06:47 Reporter : Fikri Faqih

Merdeka.com - Detasemen Khusus 88 Anti Teror Kepolisian Indonesia kembali menangkap seorang terduga teroris berinisial LT di rumah orang tuanya pada Senin (14/10) malam. Penangkapan LT masih berkaitan dengan YF yang ditangkap pada Minggu malam (13/10) dan juga terduga lain di Cirebon serta Indramayu.

Kepala Polres Cirebon, AKBP Suhermanto mengatakan, operasi penangkapan terduga teroris LT terjadi sekitar pukul 20.00 WIB.

"Masih satu rangkaian dengan yang di Jamblang (terduga teroris YF) dan juga di Indramayu," katanya seperti dilansir dari Antara, Selasa (15/10).

LT juga masih masuk kelompok teroris Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Cirebon pimpinan YF. LT juga warga Desa Panembahan, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon. Dan untuk kesehariannya yang bersangkutan merupakan penjual makanan.

"Ia masuk kelompok JAD. Dan untuk pekerjaannya jualan makanan di depan SD Panembahan," tutupnya.

Sebelumnya, terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Cirebon ditangkap Densus 88. Lokasi penangkapan di Kelurahan Panjunan, Kota Cirebon, Jawa Barat, Minggu (13/10) sekitar pukul 19.00 Wib.

"Tadi malam yang diamankan berinisial B warga Kelurahan Panjunan, Kecamatan Lemahwungkuk," kata Kapolresta Cirebon AKBP Roland Ronaldy melalui pesan singkat di Cirebon, Senin (14/10) seperti diberitakan Antara.

Roland menegaskan bahwa yang bersangkutan terlibat aktif dalam jaringan JAD.

Pada saat ini, B sudah dibawa oleh Tim Densus 88. Polresta Cirebon hanya mendampingi saat melakukan penggeledahan di rumah terduga teroris tersebut.

Saat ditanya keterkaitan B dengan pelaku penusukan Menkopolhukam, Roland menyatakan itu semua merupakan kewenangan dari Densus 88.

"Itu semua kewenangan Densus, saya belum tahu," katanya.

Dari rumah terduga teroris B, polisi menyita beberapa barang bukti seperti buku-buku berkaitan dengan teroris dan belati kecil.

Baca juga:
Tangkap 3 Teroris, Densus 88 Geledah Rumah di Kawasan Elit di Bandung
Densus 88 Geledah Kamar Terduga Teroris di Bandar Lampung
Densus 88 Tangkap Jack Sparrow, Terduga Teroris Ingin Berjihad ke Papua
Pasca-Penusukkan Wiranto, Densus 88 Tangkap 22 Terduga Teroris
Densus 88 Tangkap Terduga Teroris Perempuan Terkait Penusukkan Wiranto

(mdk/fik)