Densus 88 Tangkap 11 Terduga Teroris Jaringan Villa Mutiara di Makassar

Densus 88 Tangkap 11 Terduga Teroris Jaringan Villa Mutiara di Makassar
Kabag Penum Polri Kombes Ahmad Ramadhan. ©Antara
PERISTIWA | 30 April 2021 16:36 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 antiteror Polri kembali mengamankan terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) di Makassar, Sulawesi Selatan. Jumlah yang diamankan itu sebanyak 11 orang, yang diamankan pada Kamis (29/4) kemarin.

"Ini merupakan jaringan yang sama yaitu jaringan yang merupakan kelompok Villa Mutiara, kelompok teroris jaringan Ansharut Daulah daulah yang berafiliasi dengan ISIS," kata Kabag Penum Div Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jumat (30/4).

"Mereka para tersangka memiliki keterkaitan dengan peristiwa bom bunuh diri di Gereja Katerdral Makassar," sambungnya.

Ramadhan menyebut, total terduga teroris yang sudah diamankan dan langsung dilakukan penahanan di Makassar sebanyak 55 orang. Dari jumlah tersebut, 48 orang laki-laki dan 7 orang wanita.

Sedangkan, untuk secara keseluruhan Densus 88 antiteror telah mengamankan sebanyak 99 terduga teroris di sejumlah wilayah.

"Total secara keseluruhan, yang telah diamankan pasca ledakan Gereja Katerdral di Makassar sampai saat ini sebanyak 99 orang. Dengan rincian, wilayah NTB 5 tersangka teroris, wilayah Jakarta sebanyak 12 teroris, wilayah Makassar sebanyak 55 teroris, wilayah Jawa Timur sebanyak 5 teroris," sebutnya.

"Kemudian berikutnya Jawa Barat sebanyak 6 tetoris, Jawa Tengah sebanyak 6 teroris, Bekasi 1 teroris, dan Yogyakarta 9 teroris. Sehingga semuanya, berjumlah 99 tersangka teroris yang sudah diamankan," tutupnya. (mdk/bal)

Baca juga:
Penangkapan Terduga Teroris di Sulsel Bertambah Jadi 52 Orang
Polisi Belum Terbitkan Surat Perintah Penahanan Munarman
Munarman Bakal Ajukan Praperadilan
Kuasa Hukum: Menurut Munarman Tindakan ISIS Tidak Sesuai Keyakinannya
Mahfud MD Sebut Penangkapan Terduga Teroris Terbanyak di Sulawesi Selatan
Densus 88 Tangkap Penjual Senjata Api Rakitan di Malang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami