Deretan komedian tanah air yang meninggal di usia muda

Deretan komedian tanah air yang meninggal di usia muda
Olga Syahputra. ©kapanlagi.com
NEWS | 17 Januari 2016 08:24 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Awal tahun ini, dunia hiburan Indonesia kembali dirundung duka menyusul wafatnya komedian ternama Budi Prihatin atau dikenal Budi Anduk akibat sakit kanker paru-paru yang dideritanya. Budi wafat di usia 47 tahun setelah menjalani perawatan di RS Dharmais, Jakarta.

Tak hanya Budi, sejumlah komedian yang eksis tahun 1970 an hingga awal tahun 2000 juga meninggal saat usianya masih tergolong muda dan produktif. Berikut hasil penelusuran merdeka.com dari berbagai sumber:

2 dari 7 halaman

Benyamin Sueb

rev2Benyamin sueb. wordpress.com

Benyamin Sueb, seniman kocak serba bisa asli Betawi ini sudah menunjukkan bakat seninya sejak kecil. Tak heran jika pria kelahiran 5 Maret 1939 itu menghasilkan lebih dari 75 album musik dan 53 film. Salah satu film yang terkenal adalah 'Biang Kerok'.

Akan tetapi, usia Benyamin terbilang singkat saat publik Tanah Air masih menikmati karya seninya. Pria yang dikenal dengan sebutan Bang Bens ini meninggal dunia di usianya yang ke 57 karena serangan jantung. Dirinya wafat setelah mendapatkan perawatan serius seusai bermain sepakbola pada 5 September 1995.

Meninggalnya Bang Bens mengejutkan dunia hiburan tanah air. Pasalnya, di saat bersamaan dirinya juga masih tampil dalam sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' bersama Rano Karno. Tak pelak dunia hiburan Indonesia dirundung duka mendalam.

Besarnya nama Benyamin dalam dunia hiburan dan tokoh Betawi diabadikan menjadi nama jalan di kawasan Kemayoran, Jakarta yakni Jalan Benyamin Sueb.

3 dari 7 halaman

Basuki

deretan komedian tanah air yang meninggal di usia mudaSi Doel Anak Sekolahan. ©2014 Merdeka.com/www.kaskus.co.id

Komedian jebolan Srimulat Agus Basuki atau dikenal Basuki menjadi salah satu pelawak yang meninggal di usia muda. Dirinya meninggal di usia yang baru menginjak 51 tahun. Pria kelahiran Surakarta ini meninggal setelah bermain futsal bersama rekan-rekannya pada 12 Desember 2007.

Karir Basuki meningkat ketika bergabung dengan grup lawak Srimulat. Namun, dirinya memilih hengkang dan mendirikan grup lawak bernama Merdeka bersama Kadir, Timbul, Nurbuat dan Rohan. Grup ini juga tidak berlangsung lama hingga pada akhirnya menyisikan tiga orang personel.

Nama Basuki semakin eksis di dunia hiburan setelah dirinya berhasil memerankan sosok Mas Karyo dalam serial 'Si Doel Anak Sekolahan'. Logat Jawa yang dimilikinya membuat sinetron itu lebih berwarna.

Basuki juga pernah menjadi bintang iklan dari berbagai produk komersil. Hingga tahun meninggalnya, dirinya juga berhasil menyelesaikan menjadi bintang iklan produk makanan kecil.

4 dari 7 halaman

Taufik Savalas

rev2Taufik Savalas. ©kapanlagi.com

Legenda komedi yang juga meninggal di usia muda atau produktif ialah pelawak Taufik Savalas. Dirinya meninggal dunia di usianya yang ke 41 tahun dalam sebuah kecelakaan lalu lintas di wilayah Purworejo, Jawa Tengah pada 11 Juli 2007.

Taufik memulai karirnya sebagai penyiar radio humor bernama Suara Kejayaan (SK) di tahun 1990. Sebagai penyiar dirinya mewujudkan keinginannya sejak kecil agar bisa menjadi seorang pelawak yang bisa menghibur masyarakat. Di masa itu juga dirinya berkenalan dengan grup lawak Warkop DKI yang digawangi Dono, Kasino, Indro.

Tak hanya itu, dirinya juga bisa membangun pertemanan dengan Dedi Gumelar (Miing), Mat Solar, Unang, Eman (Empat Sekawan), Ulfa Dwiyanti, dan Eko Patrio. Bersama mereka, Taufik belajar banyak untuk menjadi seorang komedian hebat.

Kepergian Taufik yang masih terbilang muda meninggalkan seorang istri Rina Rosdiana dengan dua orang anak Moch Abizard dan Adinda Fatima. Kini Taufik tenang diperistirahatan terakhirnya di Pemakaman Keramat Tengkele di Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten.

5 dari 7 halaman

Budi Anduk

rev2Budi Anduk. ©kapanlagi.com

Komedian Budi Anduk menghembuskan napas terakhirnya setelah melalui masa kritis akibat kanker paru-paru yang dideritanya. Ia meninggal dunia di usia yang ke 47 tahun di Rumah Sakit Dharmais Jakarta.

Pria yang terkenal melalui program Tawa Sutra ini dikenal sebagai orang yang paling takut untuk diajak memeriksakan diri ke dokter. Saking takutnya, dirinya sempat mengancam akan memukul dokter yang merawatnya.

"Nggak mau (ke dokter). Ya itu tadi kalau denger namanya rumah sakit dan dokter dia paling takut. Pernah mau diambil darahnya aja, entah apakah dia bandel dia sampai bilang ke dokternya, 'Awas kalo ngambil darah gue, gue tampol'," ujar kakak kandung Budi, Jaeni Sukandar.

Sebelum meninggal, pria yang dikenal dengan bahasa 'oke coy' ini juga sudah kerap berbicara ngawur dan kerap berhasulisinasi. "Dia suka ngebayang lihat apa itu sebulan lalu. Kalau ngomong ngawur minggu-minggu ini. Tidur sering ngigau lagi di lokasi syuting, ngigau tidur lagi di tempat mana padahal lagi di kamar sendiri. Dia ngigau-nya pengen pulang, 'Ayuk pulang'. Aku bilang, 'Ini rumah kita Bud, mau pulang ke mana?'," kenang istri Budi, Neneng.

6 dari 7 halaman

Olga Syahputra

rev2Olga Syahputra. ©2015 Merdeka.com/Kapanlagi.com

Kepergian Yoga Syahputra atau Olga Syahputra pertama kali terkonfirmasi dari sang manajer, Vera. Ia membernarkan kalau almarhum wafat setelah dirawat di Rumah Sakit di Singapura.

"Minta maaf kalau ada salah dari Olga," ujar manajer Olga, Vera saat wawancara di Net TV ketika itu.

Olga sebelumnya aktif di dunia hiburan hingga akhirnya menghilang karena harus menjalani perawatan di rumah sakit cukup lama. Kepergian kakak Billy Syahputra ini membuat publik terkejut. Tak sedikit yang merasa kehilangan sosok humoris tersebut.

Jenasah Olga dimakamkan di pemakaman Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Ribuan orang menyemut mengikuti prosesi tersebut. Kehadiran film 'Warisan Olga' di Tahun 2015 garapan Raymond Handaya diharapkan bisa mengobati rindu para penggemar pria berusia 32 tahun tersebut.

7 dari 7 halaman

Zainal Abidin Domba

domba rev2Zainal Abidin Domba. ©kapanlagi.com

Kepergian almarhum Zainal Abidin Domba menjadi duka mendalam untuk keluarga dan sejumlah sahabat dekatnya. Pasalnya, sebelum meninggal dirinya sempat mengisi berbagai acara dan iklan.

Keluarga yang ditinggalkan pun begitu terpukul mengingat pria yang wafat di usia 58 tahun. Sebelumnya, sang istri mengaku Zainal sempat meminta maaf kepada sang dirinya sebelum akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya.

Nama Zainal Abidin Domba mencuat saat dirinya menjadi aktor dalam berbagai film dan serial televisi. Selama menjadi aktor, Zainal banyak berperan sebagai orang yang humoris. Salah satu film yang terkenal yang Ia bintangi ialah Putri Duyung.

Baca juga:
5 Artis cantik yang sempat diisukan dekat dengan Pasha Ungu
10 Mantan atlet yang banting setir jadi artis
5 Artis Indonesia yang dua kali tersandung kasus narkoba
Artis-artis ini operasi plastik biar makin seksi
Selain Ely Sugigi, 6 artis ini pernah tiga kali menikah

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami