Deretan negara maju dengan cuti melahirkan terpanjang

Deretan negara maju dengan cuti melahirkan terpanjang
Ilustrasi Melahirkan. ©2014 Merdeka.com
PERISTIWA | 26 Agustus 2016 08:42 Reporter : Yulistyo Pratomo

Merdeka.com - Yenni Linda Yanti, mungkin menjadi wanita pertama yang merasakan cuti terpanjang dan terlama di Indonesia. Ya, PNS Rumah Sakit Ibu dan anak (RSIA ini mendapatkan cuti hamil selama enam bulan.

Cuti itu diberikan langsung oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah. Dia menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang cuti hamil selama 6 bulan. Aturan itu berlaku bagi semua kalangan, baik Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun swasta.

Cuti hamil selama 6 bulan itu tercantum dalam Pergub Nomor 49/2016 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif.

Meski demikian, para ibu merupakan Pegawai Negeri Sipil dilarang mendapatkan hak tunjangan apa pun selama cuti hamil, di luar gaji pokok. Hal itu buat memberi rasa adil bagi PNS bekerja penuh waktu. Tenaga kontrak di lingkup instansi dan perusahaan pun tidak diberi gaji penuh, minimal para ibu itu diberikan upah setengah dari gaji pokok.

Pergub cuti hamil dan melahirkan berpedoman pada Peraturan No 33/2012 tentang pemberian ASI eksklusif kepada bayi. Hal itu juga bertujuan untuk menekan angka stunting, atau kondisi menyebabkan anak-anak mengalami tubuh lebih pendek atau tidak sesuai dengan usia.

Aturan ini sungguh jauh berbeda dengan Pasal 82 ayat (1) Undang-Undang Ketenagakerjaan, di mana disebutkan aturan cuti hamil hanya berlaku selama tiga bulan. Jumlah itu terbagi menjadi 1,5 bulan sebelum dan 1,5 bulan sesudah melahirkan.

Meski demikian, Aceh bukan daerah pertama yang menerapkan aturan cuti melahirkan terpanjang. Berikut beberapa negara dengan aturan cuti melahirkan terpanjang dan terlama:

Baca Selanjutnya: Swedia...

Halaman

(mdk/tyo)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami