Dewan Masjid Sarankan Pelaksanaan Iduladha di Rumah Selama PPKM Darurat

Dewan Masjid Sarankan Pelaksanaan Iduladha di Rumah Selama PPKM Darurat
Salat Idul Adha. ©2015 merdeka.com/imam buhori
NEWS | 1 Juli 2021 19:17 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) menyarankan agar pelaksanaan perayaan Iduladha dilakukan di rumah atau tempat terbatas. Hal tersebut seiring perayaan Iduladha bertepatan dengan pelaksanaan PPKM Darurat yang berlaku sejak 3 hingga 20 Juli 2021.

"Pelaksanaan salat Id dalam rangka hari raya Iduladha yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, menyarankan agar pelaksanaan ibadah tersebut sedapatnya dilakukan di rumah saja atau pada tempat-tempat yang terbatas," kata JK dalam keterangan pers, Kamis (1/7).

Sementara itu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas pun akan segera merevisi edaran penyelenggaraan Iduladha, disesuaikan dengan kebijakan PPKM Darurat.

Diketahui aturan PPKM Darurat dijelaskan kebijakan PPKM, tempat ibadah masjid, musalla, gereja, pura, vihara dan klenteng serta tempat umum lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah ditutup sementara.

"Secara khusus dalam menghadapi Iduladha, kita akan segera lakukan revisi dan sosialisasi SE Pelaksanaan Salat Iduladha dan Pelaksanaan Qurban. Ini disesuaikan dengan PPKM," katanya di Jakarta, Kamis (1/7).

Untuk sekolah dan madrasah, kata dia seluruh kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online/daring. Fasilitas umum, misanya area publik, taman umum, tempat wisata umum, dan area publik lainnya juga ditutup sementara.

"Tidak benar rumah ibadah ditutup, sementara sektor pariwisata dibuka," tandasnya. (mdk/gil)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami