Dewas KPK: Dugaan Pelanggaran Etik Firli Bahuri Menanti Hasil

Dewas KPK: Dugaan Pelanggaran Etik Firli Bahuri Menanti Hasil
PERISTIWA | 4 Agustus 2020 15:31 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Dewas KPK, Tumpak Hatorangan, menyampaikan hasil sementara pemeriksaan pelanggaran kode etik terhadap Ketua KPK Firli Bahuri. Sebelumnya, Firli dilaporkan karena dianggap bermewahan tidak bersifat merakyat saat menggunakan helikopter pribadi saat pulang kampung ke Palembang.

"Dewas telah melakukan klarifikasi masaah ini dengan meminta keterangan sari berbagai pihak rermasuk dari firli, termasuk yang di luar penyedia jasa helikopter dan sudah dikumpulkan semua telah dilakukan analisa," kata Tumpak saat jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Selasa (4/8/2020).

Tumpak menjelaskan, saat ini Dewas tinggal melakukan pemeriksaan pendahuluan terhadap kumpulan laporan tersebut. Nantinya Dewas akan memutuskan apakah laporan dugaan pelanggaran kode etik tersebut berhenti atau berlanjut disidangkan.

"Saya pikir dalam waktu dekat akan selesai, hasilnya dilihat nanti kalau sudah ada persidangan di Dewas sendiri," jelas Tumpak.

Satu hal menjadi catatan, tegas Tumpak, tidak semua laporan dugaan pelanggaran kode etik akan disidangkan. Menurut dia, jika hasil laporan analisis Dewas mengamini bahwa hal itu selesai, karena tidak cukup bukti maka tidak perkara ditutup.

"Kalau kami berkesimpulan cukup bukti untuk peanggaran kode etik kami tetapkan disidangkan, kalau tidak kami akan tutup perkara itu," Tumpak menandasi.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Radityo (mdk/ded)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami