Di Depan Bupati Bogor, Iriana Jokowi Ngeri Lihat Sampah Penuhi Sungai Cipakancilan

PERISTIWA | 19 September 2019 10:36 Reporter : Rasyid Ali

Merdeka.com - Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengaku ngeri melihat kondisi Sungai Cipakancilan, yang dipenuhi sampah di Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Rabu (19/9).

Sungai tersebut sebenarnya sempat dibersihkan anggota TNI Korem 061/Suryakancana, beberapa hari terakhir. Sebagian sampah tersisa sedikit akibat terbawa arus dari hulu.

"Ngeri juga melihatnya. Mudah-mudahan ke depannya bisa bersih dan bisa jadi tempat rekreasi, tempat berdagang juga oleh masyarakat," kata Iriana dalam sambutannya saat pencanangan Aksi Gerakan Bersih di Sungai Cipakancilan, yang datang ke lokasi sekitar pukul 09.00 WIB.

Dia juga prihatin mengetahui di sungai itu banyak terdapat banyak sampah plastik, maupun sampah rumah tangga. "Ada kasur juga ya. Macam-macam ya sampahnya," ucap dia.

Sementara, Danrem 061 Suryakancana, Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya menuturkan, pihaknya telah melaksanakan aksi bebersih sejak pekan lalu dan sungai sempat bersih.

"Sempat bersih dari sampah sebelumnya, tapi ada lagi sekarang pas ibu (Iriana) datang. Sungai ini melintasi Kota dan Kabupaten Bogor sepanjang 8 kilometer dan merupakan anak Sungai Cisadane," ujarnya.

Dia berharap, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai meningkat. Karena, hal itu akan merusak ekosistem, menimbulkan penyakit serta menyebabkan banjir.

"Ke depan, saya sudah bicara dengan Ibu Bupati Bogor, kalau sungai ini bersih bisa jadi taman yang bisa dinikmati masyarakat. Tidak ada yang tidak bisa," tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Iriana secara simbolis mencanangkan Gerakan Indonesia Bersih di Sungai Cipakancilan dengan menekan tombol sirine hingga membuat dua unit alat berat bergerak mengangkat sampah dibantu para relawan, termasuk TNI.

Selain mencanangkan bebersih sungai, Iriana juga menyempatkan diri untuk membagi-bagikan buku tulis kepada masyarakat sekitar yang telah menunggunya di sekitar Jalan Raya Cilebut, sebelum dia bertolak ke SDIT Al-Madinah untuk mensosialisasikan Gerakan Indonesia Bersih.

Baca juga:
Deteksi Dini Kanker Rahim, Iriana Jokowi Minta Ibu-ibu Rutin Tes IVA
Sosialisasi Anti Narkoba ke Pelajar, Iriana Bikin Kuis Berhadiah Sepeda dan Laptop
Kunjungan ke Palembang, Iriana Jokowi Disambut Irjen Firli
Ke Pasar Beringharjo, Iriana Jokowi dan Mufidah Jusuf Kalla Belanja Batik
Hadiri Pelatihan Guru PAUD di Solo, Iriana Jokowi Beri Materi Soal Stunting

(mdk/ray)